Transformasi Kelembagaan

Dukung Peningkatan Kualitas SDM di Bidang Keuangan, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Gelar Bimtek

Guna meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang keuangan, Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Y. menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan untuk seluruh satuan kerja di wilayah Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Y. pada tanggal 23 hingga 25 September 2020. Acara dilaksanakan secara daring guna mematuhi anjuran pemerintah terkait pembatasan pertemuan fisik.

Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Y., F. Masdiani yang akrab disapa Anin mengungkapkan bahwa bimtek kali ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan SDM yang unggul. Hal ini selaras dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) di tingkat pimpinan unit eselon I Kemenkeu yaitu “Learning Organitation” yang berarti bahwa sebagai organisasi, Bea Cukai mampu memberikan dukungan kepada seluruh SDM untuk terus meningkatkan pengetahuan secara berkelanjutan. “IKU Learning Organitation yang semula hanya berada di level pimpinan kini diturunkan ke unit vertikal dan kita patut bersyukur karena kanwil Bea Cukai Jateng DIY menjadi salah satu unit kerja yang dipercayai sebagai unit yang mengawali project ini (pilot project)”. Ungkap Anin.

Kali ini Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggandeng praktisi pengelola keuangan asal Kantor Bea Cukai Entikong, Sigit Satriyo Wibowo. Ia dipercaya untuk menyampaikan materi selama tiga hari berturut-turut. Kepiawainnya dalam hal keuangan diharapkan mampu menjadi motivasi bagi pengelola keuangan pada satuan kerja di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Dalam bimtek kali ini Sigit menyampaikan 3 materi meliputi pengadaan barang dan jasa, pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan. Sigit menganggap bahwa materi yang disampaikan merupakan tiga hal vital yang perlu dikuasai oleh pengelola keuangan yang baik. “Sebagai pegawai yang memiliki tanggung jawab penting di bidang pengelolaan keuangan ketiga hal ini perlu digali. Selain untuk kemajuan organisasi hal mengelola keuangan yang baik juga akan menambah softskill kita.” Tutur sigit.

Comment here