Lain-lain

Benarkah Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Mendapat Uang Pensiun?

Semarang (02/10) – Program Taspen erat kaitannya dengan ASN/PNS, pensiun, Jaminan Kesehatan, dan Jaminan Kematian, namun ternyata berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 70 tahun 2015 dan PP nomor 49 tahun 2018 menyatakan bahwa Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) / Pegawai Honorer juga merupakan bagian tanggungan Program Taspen, sehingga PPNPN/Honorer juga berhak menerima manfaat yang sama.

Informasi ini disampaikan dalam acara Training Retraining Program Ketaspenan kepada PPNPN di lingkungannya Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada Kamis 1 Oktober 2020, di Aula Kanwil Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Acara yang menjadi bagian dalam rangkaian peringatan Hari Bea Cukai ke 74 ini menghadirkan narasumber Kepala KCU Taspen Semarang, Sri Handaryanto.

Menurut Kasubag TU dan Keuangan Bea Cukai Jateng DIY, Djarot Utomo, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran jelas akan Hak dan Kewajiban serta manfaat Program Taspen kepada PPNPN dikantornya. Terlebih lagi, ada kekhawatiran oleh PPNPN akan hari pensiunnya kelak.

Sri Handaryanto menjelaskan bahwa PPNPN sejatinya adalah peserta dalam tanggungan Program Taspen, sehingga dalam pembayaran iurannya dibayarkan oleh pihak pemberi pekerjaan atau kantor yang memberinya pekerjaan. Sri menambahkan bahwa manfaat Program Taspen dirasa penting bagi PPNPN. Manfaat seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) misalnya, dapat membantu PPNPN dalam pembiayaan perawatan hingga sembuh, diberikannya tunjangan cacat apabila disebabkan kecelakaan kerja, memperoleh santunan kematian, beasiswa anak dan keluarga dsb.

“Dengan program taspen ini, PPNPN nantinya akan menerima hak yang sama seperti ASN/PNS, jadi bapak tidak perlu khawatir, karena nanti setelah pensiun akan tetap menerima THT dan uang pensiun” tutup Sri.

Comment here