Lain-lain

Ini Pesan Para Mantan Untuk Bea Cukai di Usia ke-74

Semarang (6/10) – Tanggal 1 Oktober merupakan hari jadi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Perayaan tahun ini dilakukan secara sederhana dalam suasana pandemi. Namun jangan salah, meski dilakukan secara daring, perayaan seremoni yang dilakukan pada Sabtu 3 Oktober 2020 ini tetap meriah dan justru bisa diikuti oleh hampir seluruh pegawai Bea Cukai di seluruh penjuru nusantara.

Bea Cukai yang kita kenal dengan taglinenya “Bea Cukai Makin Baik” memang telah berbenah secara terus menerus, memberikan pelayanan dan pengawasan terbaik demi baktinya pada negeri. Berbagai capaian positifpun telah diraih. Kini masyarakat mulai mengenal bahwa Bea Cukai kini beda dengan yang dulu. Namun itu juga tak terlepas dari jasa para pendahulu. Lantas apa pesan para mantan Dirjen untuk Bea Cukai kini?

Soeharjo Soebardi, Dirjen Bea Cukai periode 1991 s.d. 1998 mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya melihat kemajuan Bea Cukai dalam beberapa tahun terakhir. Sangat menonjol dalam melindungi mesyarakat dari barang-barang illegal. “Hal ini susah dilakukan apalagi dalam masa pandemi. Namun Alhamdulillah dengan bekerja sama dengan semua pihak, Bea Cukai dapat mengatasi hal ini dengan sangat baik”, ujarnya.

Lain lagi pendapat Martiono Hadianto, Dirjen Bea Cukai periode 1998 s.d. 1999. Dia menyebut bahwa Bea Cukai merupakan aparatur pemerintahan yang penting. “Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional, peranan Bea Cukai akan meningkat. Untuk itu seluruh insan Bea Cukai harus terus menerus meningkatkan kualitas dan kemampuan organisasi maupun manusianya. Saya yakin dengan semangat solidaritas , kebersamaan, menatap masa depan, seluruh aparat Bea Cukai akan berhasil mencapai apa yg diharapkan masyarakat”, pesan Martiono.

Sementara itu Dirjen Bea Cukai periode 1999 s.d. 2002, Permana Agung mengingatkan bahwa factor terpenting dalam pembangunan dan pengembangan organisasi selain sisdur, struktur organisasi, infrastruktur, dan budget adalah pembangunan SDM / the people. “Selamat ulang tahun DJBC. Be better, be smart, be different. Smoga Allah meridhoi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin”, pesannya.

Adapun Eddy Abdurrachman, Dirjen Bea Cukai periode 2002 s.d. 2006 menyampaikan harapannya agar di usia ke-74, Bea Cukai semakin lebih profesional, reliable, semakin berintegritas tinggi, sehingga akan semakin dipercaya masyarakat dan menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara.

Mantan Dirjen yang lain pun memberikan pesan dan harapan serupa. Anwar Suprijadi (Dirjen periode 2006 s.d. 2009), Thomas Sugijata (Dirjen periode 2006 s.d. 2011), Agung Kuswandono (Dirjen periode 2011 s.d. 2015), dan Supraptono (Dirjen periode 2015) menyampaikan agar Bea Cukai terus menjaga integritas, meningkatkan kapasitas baik organisasi maupun SDM, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dan dapat mewujudkan tujuan NKRI yaitu masayarakat adil dan sejahtera.

Semoga DJBC dapat mengemban amanah, semakin bermanfaat dan menjadi kebanggan negara dan masyarakat.

Comment here