Reformasi Birokrasi

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Lantik 180 Pejabat Fungsional di Wilayah Kerjanya

Semarang (08/10) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto pada Rabu, 7 Oktober 2020 melantik 180 pejabat fungsional secara daring maupun non daring. Tri Wikanto menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan tahapan perubahan organisasi dan manajemen SDM di Bea Cukai, sekaligus mengikuti arahan pimpinan bahwa birokrasi organisasi harus ramping, harus lincah, dan lebih flexible.

180 pejabat fungsional tersebut nantinya akan bertugas di seluruh satker di wilayah Jateng dan DIY, meliputi 9 KPPBC yang terdiri dari KPPBC Tanjung Emas, Semarang, Surakarta, Kudus, Yogyakarta, Magelang, Purwokerto, Tegal dan Cilacap. Pengalihan dari jabatan structural ke jabatan fungsional akan terus dilakukan secara bertahap yang antara lain bertujuan untuk merampingkan organisasi, menyederhanakan birokrasi dan mengoptimalkan kinerja pegawai.

Tri Wikanto juga menjelaskan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kali ini menganut system penyetaraan. Diharapkan pejabat yang baru dilantik ini dapat beradaptasi pada unit – unit fungsionalnya. Di masa depan, proses bisnis organisasi akan semakin mengecil dan dapat ditangani oleh kelompok-kelompok kecil seperti unit fungsional ini. Berawal dari sinilah Bea Cukai akan bersiap menghadapi masa depan.

“Berdayakan kerjasama, koordinasi dalam tim untuk memikirkan hal-hal yang tidak biasa dari jabatan sebelumnya. Curahkan segala kemampuan, ide, inovasi, untuk berkembangnya instansi di masa depan”, pesan Tri Wikanto.

Comment here