Transformasi Kelembagaan

Kembangkan Minat dan Bakat, Bea Cukai Jateng DIY Adakan Pelatihan Tulis Baca Puisi

Semarang (14/10) – Tidak hanya kompetensi teknis saja, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga mendorong pegawainya untuk mengembangkan minat dan bakatnya termasuk dalam bidang seni. Seperti Bea Cukai Jateng DIY yang mengadakan kegiatan Pelatihan Seni Memikat Hati dengan Tulis dan Baca Puisi pada Senin dan Selasa, 12 dan 13 Oktober 2020. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh perwakilan pegawai dari masing-masing satuan kerja di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Meskipun ditengah pandemi Covid-19, kreativitas dan inovasi tidak boleh berhenti, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Umum Firsti Masdiani saat membuka kegiatan pelatihan ini. Firsti menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan pemetaan dan pengembangan pegawai. “salah satu dari pengembangan pegawai itu adalah memberikan kesempatan belajar kepada seluruh pegawai untuk mengembangkan tidak hanya kompetensi teknis Kepabeanan dan Cukai tetapi juga pengembangan kompetensi lainnya yang juga menunjang kinerjanya baik secara langsung maupun tidak langsung”, tuturnya. Firsti juga menambahkan bahwa tujuan pelatihan di bidang seni ini adalah untuk menyeimbangkan kerja otak kanan dan otak kiri sehingga dapat bekerja secara harmoni.

Puisi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair, dibuat dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima, matra dan bait. Direktur Artistik Ranah Performing Arts Company Metron Masdison yang menjadi narasumber dalam pelatihan menyampaikan bahwa puisi yang bagus adalah puisi yang bisa diinterpretasikan oleh pembacanya.

“Puisi yang bagus itu tidak tunggal makna, jadi setiap pembaca bisa mengartikannya”, jelasnya. Metron juga menyampaikan bahwa kunci dari menulis puisi itu berawal dari ide, “ide bisa datang dari mana saja tidak perlu jauh-jauh, dan biasanya dekat dengan kita”, tuturnya. Melalui puisi seseorang bisa menyampaikan pesan melalui makna yang terkandung dalam syair puisinya. Bagi sorang pegawai Bea Cukai bisa menyampaikan pesan-pesan anti korupsi melalui bait puisi, memberikan pesan yang baik melalui karya seni yang mengikat hari.

Comment here