Pelayanan

5 Unsur Penting Pelayanan Bea Cukai terhadap Barang Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut

Semarang (20/10) – Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, berikan ceramah terkait isu terkini pada Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) – Barang Penumpang dan Barang Bawaan Awak Sarana Pengangkut pada 20 Oktober 2020 secara daring.

Tri Wikanto berpesan kepada para peserta pelatihan untuk memahami insight tusi Bea Cukai terhadap pelayanan barang penumpang dan barang bawaan awak sarana pengangkut. Pelayanan tidak terbatas hanya sarana pengangkut udara, namun juga darat, laut bahkan di wilayah perbatasan. Tri menambahkan bahwa pentingnya awareness assessment kepada penumpang dan awak sarkut diharap dapat diperoleh pada pelatihan ini.

Pelayanan Bea Cukai terhadap barang penumpang dan barang bawaan awak sarana pengangkut memiliki karakteristik tersendiri seperti adanya batasan-batasan barang bawaan, dokumen khusus seperti CD, profiling risk manajemen dsb. Namun secara filosofis, pelayanan barang penumpang dan awak sarana pengangkut memiliki beberapa unsur penting yang wajib dipahami oleh petugas Bea Cukai.

5 unsur tersebut meliputi unsur Human Intensif, pelayanan yang langsung berhadapan dengan klien atau sebagai frontline pelayanan di lapangan sehingga dituntut untuk professional, kompeten, transparan dan akuntable. Unsur Time Sensitif, pelayanan yang peka akan waktu, terutama terhadap kepentingan klien. Unsur Client Profilling, pelayanan yang memerlukan identifikasi karakter klien guna upaya pengawasan 5 pilar. Unsur Communication skill, karena berada digaris depan pelayanan dengan berbagai macam Bahasa, dan terakhir adalah unsur Global Standard, yakni pelayanan yang diberikan harus pelayanan berstandar global, mengingat bandara, pelabuhan, maupun titik perbatasan merupakan etalase citra pelayanan suatu negara.

Comment here