Pengawasan

Hingga Oktober 2020, Bea Cukai Jateng DIY Kumpulkan Penerimaan Rp31,87 Triliun dan Amankan 37,7 Juta Batang Rokok Ilegal

Kudus (26/10) – Hingga 20 Oktober 2020, Bea Cukai Jateng DIY sudah mengumpulkan penerimaan negara sebesar Rp31,87 Triliun dan berhasil mengamankan 37,7 Juta Batang Rokok Ilegal.  Penerimaan cukai Hasil Tembakau (HT) di wilayah pengawasan Kantor Bea Kudus menjadi penyumbang terbesar bagi penerimaan Bea Cukai Jateng DIY. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto dalam sambutannya pada acara peresmian Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Kabupaten Kudus hari Kamis, 22 Oktober 2020.

Tri Wikanto menyampaikan bahwa di 2020, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY ditargetkan mengumpulkan penerimaan sebesar Rp43,1 Triliun. “Sampai dengan 20 Oktober 2020 realisasinya sebesar Rp31,87 Triliun dan ini dominan penerimaan cukai HT dengan target sebesar Rp39,7 Triliun. Realisasi sampai saat ini sebesar Rp29,5 Triliun. Dari total target penerimaan tersebut, Bea Cukai Kudus ditargetkan sebesar Rp35,1 Triliun atau sekitar 81,4% dari seluruh target penerimaan Kanwil. Dengan kata lain Bea Cukai Kudus adalah kantor dengan peran penerimaan terbesar di Kanwil DJBC Jateng DIY”, jelasnya.

Selanjutnya Tri Wikanto juga menyampaikan kinerja pemberian fasilitas oleh Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, dimana Bea Cukai Jateng DIY telah memberikan fasilitas berupa tempat penimpuban berikat sebanyak 251 Kawasan Berikat, 6 Gudang Berikat dan 3 Pusat Logistik Berikat. “Kami akan selalu berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dengan memberikan fasilitas Kawasan Berikat”, tuturnya.

Adapun di bidang pengawasan, Bea Cukai Jateng DIY telah melakukan penindakan sebanyak 281 kali. Dari penindakan tersebut diperoleh barang hasil penindakan yaitu rokok dengan jumlah batang sebesar 37,7 juta batang dengan nilai barang sebesar 39,6 Miliar dan perkiraan kerugian negara sebesar Rp23,1 Miliar. “Kinerja ini tidak kami lakukan sendiri, kami berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum lain dan juga dengan Pemerintah Daerah, sehingga program Gempur Rokok Ilegal di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY kami rasakan demikian solid koordinasi tersebut dan menghasilkan hasil penindakan yang luar biasa”, jelasnya.

Comment here