Lain-lain

8 Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Tabungan (ST007)

Semarang (4/11) – Pemerintah melalui DJPPR Kementerian Keuangan hari ini Rabu, 4 November 2020 resmi meluncurkan Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST007 dengan imbal hasil sebesar 5,5 persen. Penjualan instrument investasi berbasis Syariah ini dilakukan secara online melalui 31 mitra distribusi yang terdiri dari bank Syariah, bank konvensional maupun penyedia jasa lainnya. Penawaran dimulai pada hari ini hingga 25 November 2020.

Luky Alfirman, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menginformasikan bahwa Green Sukuk Ritel seri ST007 ini merupakan sumber pembiayaan APBN dan merupakan instrument investasi yang aman dan sesuai Syariah. “Ini sukuk berbasis syariah, kami kerja sama dengan MUI juga untuk dapatkan fatwa prinsip syariah. Jadi InsyaAllah aman,” ujar Luky.

Sukuk Tabungan seri ST007 ini memiliki imbalan mengambang dengan batasan minimal (floating with floor) sebesar 5,5% p.a dan mengacu pada BI 7-Day Reverse Repo Rate. Mengambang, artinya besaran imbalan Sukuk Tabungan akan disesuaikan dengan perubahan BI 7-Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Imbalan Minimal, artinya tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo. Secara keseluruhan, investor akan memperoleh 8 keuntungan berinvestasi di Sukuk Tabungan, yaitu:

  1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara
  2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN
  3. Imbalan mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal (floor)
  4. Imbalan dibayar tiap bulan
  5. Early redemption tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah
  6. Kemudahan akses transaksi Sistem Elektronik (online)
  7. Berpartisipasi langsung membangun negeri
  8. Produk sesuai prinsip Syariah

Comment here