Lain-lain

Benarkah Berinvestasi ST007 Berarti Membantu Negeri dan Menjaga Bumi?

Semarang (4/11) – Jika ada pertanyaan, sudahkan kita berkontribusi untuk menjaga lingkungan alam kita, bumi kita?, atau sudah pernahkan kita membantu negara dalam menjalankan roda kehidupannya, layaknya para pahlawan pejuang kemerdekaan?. Apa jawaban kita?

Jika kita belum bisa menjawabnya, maka pemerintah melalui Kementerian Keuangan kembali menawarkan kepada kita semua untuk berkontribusi positif bagi lingkungan dan negara kita, dengan mekanisme yang enak dan aman, yaitu instrument investasi. Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Pemerintah hari ini melaunching Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST007 yang akan dibuka masa penawarannya sejak tanggal 4 November 2020 hingga 25 November 2020.

Secara garis besar Luky Alfirman, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menginformasikan bahwa Green Sukuk Ritel seri ST007 ini merupakan sumber pembiayaan APBN, instrument investasi berbasis Syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah, aman, mudah, terjangkau, menguntungkan, dan sesuai Syariah. Instrumen investasi ini sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan Syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Pemerintah memberikan imbal hasil minimal sebesar 5,5% per tahun (disesuaikan BI rate), dengan nilai investasi minimal Rp1 Juta dan maksimal Rp3 Milyar. Tenor yang ditetapkan adalah 2 tahun dengan fasilitas early redemption namun tidak dapat diperdagangkan / dialihkan. Dana yang terhimpun akan digunakan Pemerintah untuk membiayai APBN dalam melakukan pembangunan, menangani pandemic Covid-19, mendukung program-program bersifat hijau atau proyek ramah lingkungan dan aksi terkait menjaga bumi.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto mengajak kepada seluruh jajarannya untuk berkontribusi dengan berinvestasi yang selain menguntungkan secara pribadi juga membantu negara dan lingkungan. Tri Wikanto berharap tidak hanya kepada jajarannya di wilayah Jateng dan DIY namun juga seluruh Indonesia agar bersatu padu menanamkan investasi sekaligus membantu negeri disaat negara sedang membutuhkan banyak anggaran terutama di saat pandemi.

Comment here