Reformasi Birokrasi

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Ingatkan Siswa DTSD Fahami Tusi dan Jaga Integritas

Semarang (23/11) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto memberikan ceramah pada Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Diklat Teknis Substantif Dasar Kepabeanan dan Cukai (DTSD). Kegiatan yang diselenggarakan Balai Diklat Keuangan Yogyakarta ini dilaksanakan pada Rabu, 18 November 2020 secara daring dengan dihadiri sebanyak 33 peserta diklat ASN dari DJBC.

Dalam ceramah, Tri Wikanto menyampaikan bahwa adik – adik peserta DTSD ini merupakan generasi penerus DJBC dimasa depan. Kegiatan ditengah diklat ini, diharapkan mampu menjadi media dalam menyampaikan aspirasi, ide, inovasi serta cita-cita demi majunya DJBC. Selain itu, Tri juga menjelaskan bahwa DJBC memiliki proses bisnis yang transaksional, yakni seperti jual beli, maka diperlukan petugas-petugas Bea Cukai yang berkemampuan eco-sosio-cultural dalam menghadapi para stakeholder, baik itu berupa pelintas batas, pembawa barang bawaan, pengurusan barang kiriman, perusahaan dsb. Bea Cukai memiliki tugas dan fungsi yang unik.

Selain mencari pundi-pundi keuangan negara, memfasilitasi perdagangan, menjaga perbatasan negara Indonesia, dan juga melindungi masyarakat atas barang-barang ilegal. “Sebagai kaum muda, kaum milenial, perjuangan kalian masih jauh, terus tingkatkan skills, kemampuan dimanapun kalian berada, jangan mau diajak “bermain” dengan stakeholder, dan terkahir tetap jaga Integritas” pesan Tri.

Comment here