Lain-lain

Peduli Sesama dan Diri Sendiri, Pegawai Bea Cukai Jateng DIY Ikuti Donor Darah

Semarang (24/11) – Sejumlah pejabat dan pegawai Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jawa Tengah pada 11 hingga 13 November 2020, di Aula Gedung Keuangan II Semarang. Donor darah ini juga merupakan salah satu kegiatan dalam peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke-74, yang mengusung tema “Peduli, Responsif, Adaptif Atasi Pandemi, Bangkitkan Ekonomi”. 

Tema tersebut sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini. Kesempatan ini juga menjadi momentum untuk mengajak semua masyarakat dan pegawai untuk berpartisipasi aktif dalam Program Pemulihan Ekonomi (PEN) yang menjadi program Pemerintah. Pun demikian dengan donor darah ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian Kemenkeu kepada sesama khususnya di saat pandemi Covid-19.

Menurut salah satu panitia, Made atau akrab disapa Bu Made, kegiatan donor ini akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan. Pada pagi hari pertama ini belum terlalu banyak pendonor. Menurut Bu Made keikutsertaan peserta akan jauh lebih banyak jika sebelumnya tidak ada Satker yang melakukan kegiatan donor darah secara mandiri. Namun hal itu tidak mengurangi antusias peserta donor. Panitia hanya memberikan kuota peserta sebanyak 50 orang per harinya dan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Salah satu peserta donor dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa donor sudah menjadi kegiatan rutin yang dijalaninya. Apalagi dalam peringatan HORI ke-74 ini sudah semestinya menjadi penambah semangat bagi para pegawai Kemenkeu dalam mewujudkan kepeduliannya kepada sesama maupun kepada dirinya sendiri. “Selain bermanfaat bagi yang membutuhkan, donor juga bermanfaat bagi kesehatan kita, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, membakar kalori, menurunkan kolesterol, meningkatkan produksi darah dll”, ujarnya.

Sementara itu dari pihak PMI wilayah Semarang menginformasikan bahwa saat ini stok darah sedang menipis dan memerlukan darah dari para pendonor. PMI mengajak bagi para pendonor untuk melakukan donor secara rutin dan dapat langsung mendatangi kantor PMI.

Comment here