Lain-lain

Asal Mula Gerakan Bea Cukai Jateng DIY Berbagi Nasi Bungkus

Semarang (25/11) – Bea Cukai Kanwil Jateng DIY memiliki gerakan kepedulian social bernama “Jumat Berbagi Nasi Bungkus”. Gerakan ini dilaksanakan setiap hari Jumat setelah Sholat Jumat dilakukan, yaitu dengan memberi makan siang kepada masyarakat sekitar baik itu pemulung, tukang parkir, satpam, dan pengguna jalan didepan kantor. Selain itu nasi juga didistribusikan ke beberapa titik lokasi seperti tempat pemungutan sampah dengan sasaran pemulung, ke jalan-jalan sekitar simpang 5 untuk para penarik becak, penyapu jalan dan juga beberapa pengemis serta kaum dhuafa yang ditemui di jalan saat proses pembagian.

Danang Rasyid, pegawai Bea Cukai Jateng DIY yang menjadi PIC kegiatan sekaligus inisiator gerakan menceritakan perjalanan gerakan ini. “Kegiatan ini dimulai tahun 2019, berlatar belakang ingin sedikit meringankan beban orang lain. Dengan memberi makan siang kepada masayarakt sekitar baik itu pemulung, tukang parkir, satpam, dan pengguna jalan didepan kantor. Sempat terhenti pada bulan Maret 2020 karena dampak pandemi C19, namun pada Juni 2020 kegiatan kembali diaktifkan dengan menerapkan protokol kesehatan”, ujar Danang.

Danang melanjutkan ceritanya bahwa awalnya kegiatan ini masih dalam kapasitas kecil dan melibatkan beberapa donatur di kantor baik dalam bentuk dana dan / atau relawan distribusi. Namun seiring berjalannya waktu,  gerakan ini mendapat respon yang baik dan antusias dari kantor maupun pegawai. Partisipasi terus meningkat dan tidak dibatasi hanya dari pegawai muslim saja. Siapa saja boleh berpartisipasi, boleh berperan aktif dalam kegiatan ini karena bersedekah tidak hanya khusus bagi yang muslim tetapi semua agama juga mengajarkan untuk selalu bersedekah membantu sesama dan meringankan beban orang lain. Selain dari donasi pegawai, gerkan ini juga mendapatkan dukungan dana dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kantor Wilayah.

Semoga Gerakan Bea Cukai Jateng DIY Berbagi Nasi Bungkus dapat terus berjalan sehingga selain dapat terus memupuk sifat kepedulian social para pegawai, juga akan sangat membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan.

Comment here