Pelayanan

Sekretariat DJBC dan Bea Cukai Jateng DIY Gelar Internalisasi Arsip Statis DJBC

Semarang (24/11) – Kanwil Bea Cukai Jateng DIY bersama tim Narasumber dari Sekretariat DJBC menggelar Internalisasi Arsip Statis secara daring pada 24 November 2020. Internalisasi ini juga melibatkan kehadiran dari perwakilan seluruh satker di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum, F. Masdiani (Anin) menyampaikan bahwa kegiatan “Internalisasi Arsip Statis DJBC” merupakan agenda nasional yang akan diselenggarakan hingga pertengahan Desember 2020 nanti. Menariknya, narasumber turut hadir juga di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. “Kegiatan kali ini diharapkan dapat menjadi informasi baru terkait dunia kearsipan, terlebih juga dapat menjadi peluang bagi rekan-rekan semua apabila ingin menjadi pejabat fungsional kearsipan”, ujar Anin.

Arsiparis Ahli Madya DJBC, Listrijono, memaparkan materi terkait Arsip Statis. Pada dasarnya, Arsip Statis sudah lama menjadi salah satu poin DJBC untuk berbenah diri. Hal itu terlihat dengan tersedianya landasan-landasan hukum seperti KMK no.1082/KM.01/2013 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif DJBC serta Surat Edaran No.13/BC/2020 tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan DJBC.

Definisi arsip menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 196/PMK.01/2019 adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk media. Sedangkan Arsip Statis merupakan arsip yang dihasilkan karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya dan berketerangan permanen. Maka diharapkan metode Arsip Statis dapat menjadi salah satu metode penyusutan arsip di lingkungan DJBC, selain pemusnahan. “Sesuai arahan bapak Presiden Jokowi, bahwa Unit Fungsional sebagai ujung tombak di K/L, maka dengan informasi ini diharapkan menjadi awal bagi DJBC untuk memulai 200 Arsiparis pada beberapa tahun kedepan”, ujar Listrijono.

Comment here