Transformasi Kelembagaan

Tri Wikanto Berikan Ceramah Current Issue Kepada Peserta Pelatihan Jarak Jauh

Semarang (25/11) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto  kembali memberikan ceramah current issue kepada peserta Pelatihan Jarak Jauh Cukai Lanjutan yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keuangan Yogyakarta. Ceramah kali ini berkaitan dengan Cukai dan dilakukan secara daring pada Rabu, 25 November 2020 di hadapan 30 siswa diklat.

Dalam ceramahnya, Tri menjelaskan beberapa Current Issue di bidang Cukai. Issue yang dibahas antara lain mengenai proses bisnis rekonsiliasi data pada aplikasi Excis, yang melibatkan banyak data, HPTL (Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya) yang di dalamnya diatur pungutan cukainya sehingga wajib dipungut oleh negara, dan juga issue tentang hadirnya polemik penegakan hukum di bidang Cukai seperti peredaran BKC Ilegal, dsb.

Tri Wikanto berpesan agar peserta diklat memahami issue-issue terkini tersebut dan dapat menjelaskan kepada stakeholders dan masyarakat luas dengan baik. Tri menekankan pentingnya peran serta Bea Cukai dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan yang dihadapi khususnya yang berkaitan dengan tusi Bea dan Cukai. “Penting untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Aparat Penegak Hukum setempat. Tunjukkan peran Bea Cukai terhadap problema yang sedang dihadapi”, pesan Tri.

Bea Cukai memiliki tugas dan fungsi yang saling bersinggungan. Di satu sisi Bea Cukai memiliki tusi Revenue Collector namun juga tusi Trade Fasilitator, kemudian tusi Community Protector dengan tusi Industrial Assistance. “Bu Menkeu sering mengatakan bahwa Tusi Bea Cukai itu impossible, tapi saya yakin kita mampu menjalankan tusi kita”, tutup Tri.

Comment here