Transformasi Kelembagaan

Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Menjadi Relawan Kemenkeu Mengajar 5

Semarang (30/11/2020) – Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Padmoyo Tri Wikanto menjadi salah satu relawan pada kegiatan Kemenkeu Mengajar Jilid 5 yang diselenggarakan serempak  di hampir seluruh Indonesia (Senin, 30/10/2020). Kemenkeu Mengajar adalah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah yang didasari oleh semangat kesukarelaan, diluar dari pembiayaan APBN, sehingga biaya yang dikeluarkan murni dari para relawan. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung tahun ini “Kolaborasi untuk Pendidikan Negeri”.

Padmoyo Tri Wikanto

Tahun ini Tri Wikanto mengajar kepada para siswa SMA Santa Maria 2 Bandung secara daring. Tri berbagi inspirasi dan mengajarkan tentang peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan peran kemenkeu pada masa pandemi covid-19. Tri juga menjelaskan secara spesifik mengenai peran, tugas dan fungsi dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Mengakhiri pemaparannya Tri menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa pihaknya dengan terbuka menerima segala bentuk permintaan informasi dari siswa terkait dengan Kementerian Keuangan.

Sementara itu, dalam  sambutan yang disampaikan melalui video, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani mengajak seluruh jajaran, Kepala Sekolah, Guru dan seluruh peserta untuk ikut menyukseskan Kemenkeu Mengajar. “Program ini adalah wujud kepedulian Kemenkeu atas generasi yang akan datang karena kemajuan Kemenkeu adalah tanggung jawab kita bersama. Mari sukseskan Kemenkeu Mengajar meskipun dalam kondisi pandemi covid-19”, ajak Sri Mulyani.

Kemenkeu Mengajar pertama kali diselenggarakan pada 2016 di enam kota besar dan enam pulau di Indonesia dengan jumlah keikutsertaan sekolah sebanyak 35 SD dan menyentuh 9774 siswa. Hingga pelaksanaan tahun ini jumlah peserta terus bertambah. Berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, tahun ini Kemenkeu Mengajar dilaksanakan dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 dan memanfaatkan aplikasi video conference zoom.

Comment here