Transformasi Kelembagaan

Mendikbud Apresiasi Kemenkeu Mengajar dan Sampaikan 6 Profil Pelajar Pancasila

Semarang (30/11) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim turut berpartisipasi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 5 Tahun 2020. Nadiem mengapresiasi kegiatan Kemenkeu Mengajar yang dilakukan para relawan dari lingkungan Kementerian Keuangan. Hal tersebut disampaikannya pada sesi Mendikbud mengajar yang dilaksanakan secara virtual, pada Senin 30 November 2020.

“Terima kasih kepada seluruh relawan Kemenkeu Mengajar meskipun di masa yang sulit ini masih giat melakukan pembelajaran meski melalui virtual, dan menurut saya ini adalah program yang luar biasa dan termasuk ciri-ciri merdeka belajar. Semua murid dan semua guru, dimana kita semua harus berpartisipasi dalam pembelajaran anak-anak kita bukan hanya yang secara formal di sistem pendidikan kita”, tutur Nadiem.

Nadiem menjelaskan bagaimana mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui Profil Pelajar Pancasila. Presiden RI menyampaikan bahwa sistem pendidikan nasional harus mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi. “Profil Pelajar Pancasila adalah arah dan tujuan sistem pendidikan kita kedepan. SDM unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila”, ujarnya.

Profil Pelajar Pancasila diantaranya yaitu:

  1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebinekaan Global
  3. Bergotong Royong
  4. Kreatif
  5. Bernalar Kritis, dan
  6. Mandiri

Nadiem menyampaikan bahwa 6 profil ini akan menjadi budaya baru bagi sistem pendidikan nasional. “Harapan kami di Kemendikbud 6 profil ini akan menjadi budaya baru kita di 10 atau 20 tahun kedepan dan ini diterapkan dalam sistem pendidikan kita”, pungkasnya.

Comment here