Transformasi Kelembagaan

Jadi Narasumber Capacity Building BC Sorong, Tri Wikanto Sampaikan 10 Keterampilan Teratas yang Diperlukan Pegawai Bea Cukai

Semarang (3/12) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto menjadi narasumber secara daring dalam acara Capacity Building yang diselenggarakan Bea Cukai Sorong pada Rabu, 2 Desember 2020.

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Sorong, Bambang Eko Prawinestyono, acara ini diselenggarkan dengan tujuan untuk mempererat silaturrahmi dan meningkatkan daya produktifitas pegawai dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, Bambang juga berharap dapat memperoleh inspirasi, ide, inovasi dan motivasi untuk memajukan Bea Cukai Sorong kedepannya. Hal ini relevan dengan tema yang diusun yaitu, “Berfikir Kritis dimasa Krisis, Impossible ? But I’m Possible”.

Tri Wikanto saat ini memang sering diminta menjadi narasumber lintas wilayah. Kali ini Kakanwil yang dikenal inovatif ini menyampaikan apresiasi atas kreatifitas, inovasi di tengah masa krisis dan menekankan bahwa segala potensi dapat dicari dimana saja. Setiap pegawai harus terus mengembangkan dirinya dan menguasai banyak keterampilan. Tri lantas menyebutkan 10 Kriteria keterampilan teratas yang diperlukan oleh Bea Cukai, meliputi Complex Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, People Management, Coordinating with Others, Emotional Intelligence, Judgment and Decision Making, Service Orientation, Negotiation dan Cognitive Flexibility.

Tri juga menambahkan, bahwa dalam membangun Sumber Daya Manusia yang baik juga diperlukan 3 Komptensi yakni Teknik, Manajerial, dan Sosio Kultural. Kompetensi Teknik meliputi kompetensi pekerjaan sehari-hari seperti perhitungan nilai pabean, keterampilan humas, pengetahuan Kawasan Berikat dsb, lalu kompetensi Manajerial meliputi integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri, mengelola perubahan dan pengambilan keputusan. Adapun yang terakhir Kompetensi Sosio Kultural adalah unsur perekat bangsa, seperti bagaimana kita mempelajari budaya tempat kita ditempatkan, tidak SARA dsb.

Comment here