Transformasi Kelembagaan

Presensi Daring Wujud Implementasi Kantor Modern

Semarang (03/12) – Kementerian Keuangan saat ini mulai menjalankan kebijakan Flexible Working Space (FWS). Berbagai inovasi telah dijalankan antara lain dalam hal penggunaan aplikasi persuratan secara online dengan Nadine Kemenkeu. Bea Cukai juga mengembangkan aplikasi presensi online dengan  MyCeisa. Hal ini merupakan tindak lanjut implementasi penerapan modern office.

Kepala Bagian Umum Firsti Masdiani menyampaikan bahwa penggunaan presensi daring ini merupakan bagian dari perkembangan teknologi dan modernisasi. “Saat ini Kementerian Keuangan sudah menerapkan konsep kantor modern dengan implementasi FWS. Kantor Pusat Bea Cukai merespon dengan membuat aplikasi MyCeisa yang merupakan portal intranet pegawai sekaligus terdapat menu perekaman absensi kita. Pada aplikasi MyCeisa ini ketika kita melakukan presensi sudah tercantum waktu, foto dan lokasi kita secara real time”, jelasnya.

Wanita yang akrab disapa Anin ini menambahkan bahwa penggunaan presensi secara online juga merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Kalau sebelumnya kita masih masih menggunakan mesin presensi finger print dimana ada 1 alat yang digunakan bersama-sama dan ini berisiko terjadi penyebaran covid-19”, jelas Anin saat membuka Program Peningkatan Keterampilan Pegawai dengan tema “Presensi Daring” yang dilaksanakan secara daring, pada Kamis 3 Desember 2020.

Penerapan presensi secara daring di lingkungan Bea Cukai mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-15/BC/2020. Kepala Subbagian Kepegawaian Ruwia Purnama menyampaikan bahwa penerapan presensi daring ini memiliki beberapa keunggulan terutama karena dimasa sekarang perkembangan teknologi sudah sangat pesat. “Saat ini sudah ada revolusi industry 4.0, society 5.0 maka diperlukan tingkat keakuratan dan kecepatan tanpa meninggalkan sisi flesibilitas, kedua tata kelola perkantoran modern open space terutama di Kemenkeu yang menjadi leader modernisasi di kelembagaan, dan ketiga efisiensi dan efektifitas dimana kualitas meningkat dan cost menurun”, jelasnya. Presensi online ini diharapkan dapat menunjang kinerja pegawai dalam rangka implementasi FWS sebagai wujud kantor modern.

Comment here