Lain-lain

Rutin Saweran, Bea Cukai Jateng DIY Terus Berbagi Nasbung

Semarang (7/12) – Bea Cukai Kanwil Jateng DIY kembali melakukan pembagian “nasbung” (nasi bungkus) kepada masyarakat di sekitar kantor di Jalan Ahmad Yani No. 139, Semarang. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap habis sholat Jumat ini menyasar para pemulung, tukang parkir, satpam, dan pengguna jalan di depan kantor. Selain itu nasbung juga didistribusikan ke beberapa lokasi di sekitar kantor, dimana terdapat penarik becak, penyapu jalan dan juga beberapa pengemis serta kaum dhuafa.

Kegiatan yang dimulai tahun sejak 2019 ini sempat terhenti saat pandemic mulai melanda. Kini atau tepatnya sejak Juni 2020 kegiatan ini kembali dilaksanakan. Tentu dengan mematuhi protocol kesehatan. Seperti yang terlihat pada Jumat 4 Desember 2020, petugas membagikan nasbung dengan menggunakan masker dan sarung tangan. Banyak para penerima nasbung juga menggunakan masker, meski ada beberapa yang lupa menggunakan atau menggunakan dengan cara kurang tepat.

Para penerima nasbung seperti para pengemis, tukang parkir, pejalan kaki yang kebetulan lewat, driver ojol dll, terlihat senang menerimanya. Mereka merasa diringankan bebannya dengan adanya nasbung ini. Lantas anggaran dari manakah yang dipergunakan Bea Cukai Jateng DIY ini, apakah dari APBN?. Bukan, dana terkumpul dari saweran atau iuran dari para pegawai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan juga didukung dana Dewan Kemakmuran Masjid. Sumber danapun tidak dibatasi hanya dari pegawai muslim saja, namun semua boleh berpartisipasi membantu meringankan beban orang yang membutuhkan, terutama di kala pandemic belum berakhir ini.

Seorang pegawai yang tidak mau disebutkan namanya berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan meski pandemi telah berakhir. “Semoga gerakan Bea Cukai Jateng DIY Berbagi Nasi Bungkus dapat terus dilakukan sehingga membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Selain itu juga dapat terus memupuk jiwa kepedulian social, membersihkan hati dengan kebaikan-kebaikan meski hanya dengan nasbung”, harapnya.

Comment here