Lain-lain

Selain Mengenal Audiens, Ini 3 Rumus Penting dalam Berkomunikasi Ala Helmi Yahya

Semarang (17/12) – Kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap. Hal tersebut juga disampaikan praktisi komunikasi Helmi Yahya dalam acara webinar yang bertajuk “How to Have a Good Public Speaking” yang diadakan oleh Kanwil Bea Cukai Jawa Barat pada Kamis, 17 Desember 2020. Acara ini juga diikuti oleh perwakilan pegawai Bea Cukai Kanwil Jateng DIY, secara daring dari Kota Semarang.

Helmi Yahya menyebut bahwa terdapat 3 komponen yang harus diperhatikan dalam komunikasi, yaitu 55% gesture, verbal 38% dan 7% konten. “Gestur dan verbal adalah unsur paling penting dalam rangka berkomunikasi,. Cara berkomunikasi menjadi yang utama dalam rangka menyampaikan informasi dengan baik dan menarik sehingga kontennya dapat tersampaikan. Percuma kontennya baik akan tetapi cara menyampaikannya salah maka juga tidak akan sampai pesannya”, ujarnya.

Helmi juga menekankan bahwa kita sebagai seorang public speaker juga harus mengetahui dan memahami siapa audiens kita. “Jika kita mengerti siapa audiens kita, maka kita tahu bagaimana cara menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang sesuai dengan audiens kita, sehingga pesan atau konten dapat tersampaikan dengan baik”, jelasnya yang kemudian juga berpesan agar kita harus menjadi orang yang bisa berkomunikasi. “Orang sukses adalah orang yang bisa menyampaikan apa yang yangg menjadi ide atau gagasannya”, sambungnya.

Senada dengan Hemi Yahya, Kepala Seksi Strategi Komunikasi dan Opini Publik Teddy Triamojo menyampaikan bahwa seorang public speaker harus pintar melihat siapa audiens-nya. “Kita harus pintar mencari atau menformulasikan cara penyampaian yang akan kita lakukan dan itu caranya dengan mengetahui siapa audiens kita”, jelasnya. Teddy juga mengingatkan bahwa pendapat itu bersifat subjektif. “Opini yang kita sampaikan itu hak dan kebenarannya tidak absolut, ingat bahwa kebebasan berpendapat kita dibatasi oleh kebebasan berpendapat orang lain”, ujarnya.

Comment here