Pengawasan

Bea Cukai Jateng DIY Gempur Rokok Ilegal Lewat Udara

Semarang (31/12) – Sepanjang Agustus hingga Desember 2020 Bea Cukai Jateng DIY meningkatkan intensitas edukasi kepada masyarakat tentang gerakan Gempur Rokok Ilegal melalui udara, yaitu melalui siaran Iklan Layanan Masyarakat di Radio Sonora Semarang FM. Upaya ini untuk melengkapi sosialisasi dalam bentuk lain yang telah dan terus dilakukan baik secara mandiri atau berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah.

Iklan Layanan Masyarakat dalam bentuk Iklan radio (Radio Spot) Gempur Rokok Ilegal disiarkan dengan frekuensi siar 3 (tiga) kali siar per hari, yang dilaksanakan setiap hari selama 4 (empat) bulan, mulai tanggal 19 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 18 Desember 2020. Jadwal dan waktu pelaksanaan penyiaran Radio Spot dilakukan sebanyak 1 (satu) kali pada pukul 07.00 s.d. 09.00, 1 (satu) kali pada pukul 13.00 s.d. 14.00 dan 1 (satu) kali pada pukul 16.00 s.d. 18.00 WIB.

Iklan edukasi tersebut dikemas dalam penggalan lagu “Cukai Untuk Kita” diselingi dengan materi edukasi tentang cukai. Bunyi dari materi tersebut kurang lebih seperti ini, Cukai itu manfaatnya besar untuk negara dan masyarakat. Manfaatnya kembali ke kita semua. Contoh penggunaannya adalah  untuk pembangunan jalan raya, sekolah gratis, subsidi BBM, subsidi BPJS dll, Makanya kalau merokok jangan yang illegal. Kok masih ada ya yang tega mencuri hak rakyat dengan berbisnis rokok illegal, jangan-jangan pengusaha rokok illegal itu juga menikmati manfaat pembangunan dan subsidi-subsidi dari negara.

Selain itu masyarakat juga diberikan informasi tentang ciri-ciri rokok illegal. Seperti ini bunyinya, Ciri-ciri rokok illegal itu tidak berpita cukai, berpita cukai tapi bekas, palsu atau tidak sesuai dengan ketentuan. Ada juga himbauan untuk menjadi pahlawan bagi negara dan masyarakat dengan melaporkan ke Kantor Bea Cukai terdekat atau menghubungi Bravo Bea Cukai di 1500225 atau hubungu 02138303778. Jika ingin lebih tahu tentang Bea Cukai masyarakat bisa mengakses medsos IG, FB, Twitterdan Youtube di @BCJatengDIY.

Bea Cukai Jateng DIY berkomitmen untuk menekan peredaran rokok illegal melalui upaya pencegahan dengan sosialisasi dan pembinaan, maupun upaya penegakan hukum. Ini telah dan akan terus dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Aparat Penegakan Hukum serta masyarakat.

Comment here