Pelayanan

Sri Mulyani Apresiasi Upaya Kolaborasi Bea Cukai dan LPEI Dorong Ekspor UMKM

Semarang (30/12) – Berbagai kebijakan dan langkah nyata dalam rangka mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah dilakukan oleh pemerintah. Langkah tersebut juga dilakukan oleh Kemeterian Keuangan regional Jawa sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Padmoyo Tri Wikanto yang didaulat mewakili seluruh satker Kemenkeu regional Jawa dalam acara Dialog Tutup Tahun Anggaran 2020 Kementerian Keuangan Rabu, 30 Desember 2020 secara daring.

“Berbagai upaya kami lakukan diantaranya menjaga konsumsi dengan melakukan percepatan dan penguatan subsidi dan bantuan sosial untuk masyarakat, mendorong investasi dengan memberikan insentif fiskal dan penyederhanaan perizinan, dan mendukung ekspor-impor dengan memberikan insentif perpajakan serta peningkatan percepatan layanan dengan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE)”, jelas Tri Wikanto yang juga menyebut bahwa pihaknya telah menindaklanjuti arahan Menkeu berkaitan dengan membangun sinergi dan kolaborasi di lingkungan kantor vertikal Kemenkeu bersama Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu yaitu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)-Indonesia Exim Bank untuk peningkatan ekspor pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kami telah melakukan langkah-langkah kerjasama strategis dengan LPEI wilayah Surabaya dengan memberikan pelatihan Coaching Program for New Exporter (CPNE) dilakukan bersama antara Kantor Bea Cukai Surakarta, Tegal, Kudus, Semarang dan Yogyakarta dengan LPEI Surabaya dan Surakarta. Kami juga telah bekerjasama untuk memanfaatkan Kantor LPEI Surakarta beralamat di Jalan Slamet Riyadi, sebagai cikal bakal pembentukan “Rumah Solusi” bagi UMKM sebagai upaya LPEI, DJBC, DJP, DJPb, DJKN dan Pemerintah Daerah setempat memberikan one stop service untuk memberikan solusi dari permasalahan terkait ekspor”, jelasnya. Rumah Solusi ini nantinya dapat dijadikan sebagai Satellite Office (SO) dan Co-Working Space (CWS) bagi Agen Fasilitas dan Client Coordinator (CC) DJBC serta Account Representative (AR) DJP.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apresiasi atas inisiatif kolaborasi yang dilakukan dalam rangka mendorong ekspor UMKM. “Saya sangat senang tadi dilaporkan bahwa telah menggunakan Special Mission Vehiclenya Kemenkeu. Saya rasa ini salah satu yang bagus dan diharapkan dapat dilakukan oleh daerah-daerah yang lain untuk melakukan peningkatan kolaborasi menggunakan semua instrumen yang dimiliki oleh Kemenkeu”, ujar Menkeu.

Comment here