Lain-lain

Peringati Hari Pabean Internasional, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Donor Konvalesen

Semarang (25/01) – Dalam rangkaian peringatan Hari Pabean Internasional 2021 Bea Cukai Jateng DIY bekerja sama dengan PMI Kota Semarang menggelar Donor Plasma Konvalesen yang akan dilaksanakan sejak tanggal 25 hingga 29 Januari 2021 di Kantor PMI Kota Semarang, Jl. Mgr Sugiyopranoto No.31, Semarang. Sebanyak 22 pegawai Bea Cukai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY turut serta dalam Donor Plasma Konvalesen ini.

Plasma Kovalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien yang terdiagnosa Covid19 dan sudah 14 hari dinyatakan sembuh dari infeksinya yang ditandai dengan pemeriksaan Swab menggunakan RT-PCR sebanyak satu kali dengan hasil negatif. Plasma tersebut kaya akan antibody poliklonal yang dapat ditranfusikan kepada pasien Covid19 sebagai salah satu upaya pemberian terapi imun pasif dengan segera.

Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, F. Masdiani, menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Pabean Internasional kali ini, Bea Cukai tak hanya berperan pada tugas dan fungsi pokoknya saja, namun Bea Cukai juga peduli dan berkontribusi dalam upaya penanganan pandemi Covid19. Kerja sama dengan PMI Kota Semarang untuk mengadakan donor Plasma Kovalesen adalah salah satu implementasinya.

Sementara itu Felicita Virdha, salah satu pegawai Bea Cukai yang menjadi pendonor menyampaikan alur proses donor plasma kovalesen. Dimulai dengan pengecekan rapid test untuk mengetahui nilai reaktif IgG (Immunoglobin G) dan IgM (Immunoglobin M). Nilai tersebut menunjukkan masih tidaknya antibody tubuh terhadap Covid19. Kemudian apabila terdapat kedua nilai tersebut, dilanjutkan pengecekan sample darah untuk donor plasma sebanyak 3 – 5 cc tetes darah, lalu menunggu hasil pengecekan kurang lebih 3 – 4 jam dan barulah donor plasma darah baru dapat dilakukan.

Comment here