Lain-lain

Asyiknya Ngobrol Bareng Atase Keuangan KBRI Jepang, Sonny S Ramli

Semarang (27/01) – Dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional ke-69 yang jatuh pada tanggal 26 Januari, Bea Cukai Jateng DIY menggelar webinar Tour of Duty selama 4 hari berturut-turut sejak Selasa, 26 Januari 2021 hingga Jumat, 29 Januari 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara virtual dan dikemas secara santai. Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto mengatakan bahwa acara ini untuk memberikan wawasan yang lebih luas, karir tidak hanya berkaitan dengan teknis Kepabeanan dan Cukai saja. Peran Bea Cukai begitu besar di dunia internasional.

Atase Keuangan pada KBRI Jepang, Sonny S. Ramli  selaku narasumber pada hari pertama Tour of Duty ini mengawali dengan informasi bahwa di Jepang saat ini juga masih dalam penanganan Covid-19. Negara dengan 4 musim ini saat ini tengah memasuki musim dingin. Dimulai dari ruang kerjanya Sonny menjelaskan banyak hal layaknya vlogger. “Pada intinya membantu Duta besar dalam melaksanakan tugas hubungan diplomasi dan kerja sama teknis Kementerian Keuangan termasuk Kepabeanan dan Cukai antara Indonesia dan Jepang”, jelasnya tentang tugas utama Atase Keuangan.   

Selain menjelaskan tugasnya sebagai seorang Atase Keuangan, Sonny juga menceritakan suasana di kantornya. Dengan mobil dinasnya kemudian Sonny melakukan perjalanan ke beberapa tempat seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Japan Banking International Corp, Inteligen Office dan Tokyo Tower. Beberapa hal di Jepang yang menarik untuk diketahui antara lain adalah budaya masyarakat yang tertib, pelanggar lalu lintas akan dilakukan pengurangan point pada SIM hingga dapat dicabut, bayar tol tidak perlu transaksi manual namun tinggal lewat saja dan otomatis akan ditagih di periode tertentu, tabu membunyikan klakson jika tidak urgent hingga meja kerja yang juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari gempa yang telah dilengkapi dengan paket berisi makanan dan minuman yang mampu bertahan hingga 2 tahun.

Sementara itu Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, R. Syarif Hidayat yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Atase Keuangan periode 2010 – 2014, menambahkan bahwa cukup banyak tantangan saat bekerja diluar negeri, seperti masalah adaptasi dengan perbedaan budaya, cuaca, dan khususnya masalah komunikasi baik secara verbal maupun non verbal, serta harus mampu melaksanakan tugas dengan baik. Bagi yang ingin bertugas sebagai atase harus mempersiapkan beberapa hal seperti kemampuan berbahasa inggris, kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi serta pengetahuan teknis terkait.

Comment here