Transformasi Kelembagaan

Tri Wikanto Minta Jajaran Bea Cukai Jateng DIY Tandatangani Kontrak Kinerja Menantang di 2021

Semarang (28/01) – Kanwil Bea Cukai Jateng DIY melaksanakan Penandatanganan Kontrak Kinerja (KK) Kemenkeu-Three Tahun 2021 pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini berpedoman pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 556/KMK.01/2015. Diikuti oleh seluruh pejabat Eselon III di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, kegiatan ini berjalan dengan baik dan hikmad.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, menyampaikan bahwa acara Penandatanganan Kontrak Kinerja dan Piagam Risiko merupakan wujud pemenuhan kebutuhan formal, tetapi dari segi substansi dan materi, dokumen Kontrak Kinerja dan Piagam Risiko sangat dinamis dan fleksibel.

Tri Wikanto juga memberi arahan agar isi dokumen Kontrak Kinerja dan Piagam Risiko harus challenging sehingga peran Bea dan Cukai lebih bisa memberikan fasilitas, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan pendapatan daerah. Program Kerja dan Isu Strategis serta Dokumen Perencanaan Strategis (DPS) Tahun 2020—2024 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY juga telah disusun untuk dapat digunakan sebagai referensi dalam pelaksanaan tugas.

Sementara itu dalam paparan teknis Kontrak Kinerja, Kabid Kepatuhan Internal, Yacobus berpesan agar seluruh program kerja dijalankan dengan baik. “Dokumen Perencanaan Strategis (DPS) Tahun 2020—2024 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menjadi salah satu dokumen yang penting. IKU Persentase Kualitas Perencanaan Satuan Kerja diturunkan kepada unit kerja di Kantor Wilayah dan KPPBC untuk memastikan bahwa program kerja pada DPS dijalankan dengan penuh sesuai dengan situasi yang sudah ada pada saat ini,” jelas Yacobus.

Comment here