Fasilitas

Bea Cukai, Pajak, LPEI, dan Pemda Surakarta Bahu Membahu Membangun Rumah Solusi Ekspor

Surakarta – Dalam rangka mewujudkan Rumah Solusi Ekspor (RSE) di Surakarta, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto bersama Kepala Kanwil Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Surabaya, Koerniawan Prijambodo dan Kepala Kanwil Pajak Jateng II, Rudi Gunawan Bastari melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Wali Kota Surakarta terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Indonesia Eximbank/ LPEI Cabang Surakarta, Jalan Slamet Riyadi No 341, Surakarta pada Kamis, 4 Februari 2021.

Tri Wikanto menyampaikan bahwa pembangunan RSE ini merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan dengan special mission vehicle-nya yaitu LPEI dalam rangka  mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Pembangunan RSE ini diharapkan dapat mengembangkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) berpotensi ekspor yang ada di Solo Raya pada khususnya dan provinsi Jawa Tengah pada umumnya untuk menjangkau pasar global. Diharapkan RSE ini menjadi tempat rendezvous bagi para pengusaha UMKM dan IKM yang berorientasi ekspor” ujarnya.

Sementara itu, Gibran meskipun belum resmi menjabat Walokota Surakarta, namun sudah aktif bergerak khususnya terkait keinginannya untuk menaikkan kelas UMKM di Surakarta. Gibranpun menyambut baik inisiatif Rumah Solusi Ekspor. “Kami akan mendukung penuh pendirian RSE ini. Sejalan dengan tujuan RSE membantu para eksportir dan calon eksportir mengatasi berbagai permasalahan dalam menjangkau pasar global, Saya akan segera mendata UMKM yang berpotensi ekspor agar mau belajar bersama di RSE Surakarta”, ujarnya.

Adapun Koerniawan Prijambodo, Kepala Kanwil LPEI Surabaya yang membawahi LPEI Cabang Surakarta, menyatakan bahwa LPEI seirama dengan Kemenkeu untuk membangun RSE. “Saya sudah menyatakan sepenuhnya mendukung pembangunan RSE sejak ide ini pertama dicetuskan pada pertemuan LPEI dengan Bea Cukai di Semarang pada November 2020. Maka dari itu saatnya sekarang kita melakukan percepatan agar RSE segera terwujud”, ujar Koerniawan.

Dengan adanya dukungan penuh dari Pemerintah Daerah setempat, RSE diharapkan dapat membantu menumbuhkan eksportir-eksportir baru khususnya dari sektor UMKM dan IKM, mendorong peningkatan investasi dan ekspor di wilayah Solo Raya, dan membantu penyelesaian permasalahan ekspor.

Comment here