Transformasi Kelembagaan

Perkembangan Toleransi di Indonesia Menurut Ernest Prakasa

Semarang (15/02) – “Hidup dalam perbedaan atau dalam kebudayaan yang majemuk di Indonesia sekarang ini menurut Saya sudah mengalami perkembangan yang positif. Hal itu patut disyukuri apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi, kita dapat menyebarkan konten positif di media sosial yang terlepas dari isu sara,”  ujar Ernest Prakasa saat menjadi narasumber acara Webinarshow Sosiokultural “Harmoni dalam Keberagaman” yang diselenggarakan oleh Kanwil DJBC Jateng dan DIY secara daring pada Senin, 15 Februari 2021.

Dalam kesempatannya kali ini, Ernest juga menceritakan pengalamannya sebagai etnis Tionghoa yang pada kala itu masih dianggap minoritas oleh orang-orang di lingkungannya. Walaupun hal tersebut sempat membuatnya berkecil hati, tetapi hal inilah yang dapat menjadi inspirasinya dalam berkarya. “Dengan pengalaman itu akhirnya Saya bisa mengedukasi masyarakat yang dikemas dalam bentuk film. Tentunya harus relevan dengan kehidupan kita agar lebih mengena ke masyarakat dan tidak terkesan menggurui,” ujar komika yang sekarang aktif di industri film sebagai aktor dan sutradara.

Ernest juga memberikan pesan dan kiat-kiat yang membuatnya sukses hingga sampai ke titik ini. Menurutnya, kunci kesuksesan terletak pada keseriusan dan totalitas. Untuk mencapai keseriusan dan totalitas itu, tentunya mudah didapat ketika mengerjakan atau melakukan apa yang ia minati. “Pilihannya itu ada dua, pertama adalah mencari sisi menyenangkan, sisi positif, dan menarik dari apa yang kita kerjakan. Kedua, kita mengerjakan apa yang kita minati dan kita sukai. Karena kalau kita tidak seperti itu, tidak akan ada enjoyment, dan hal itu akan jadi beban,” ujarnya.

Sutradara kenamaan Indonesia ini  mengapresiasi acara Webinar Sosiokultural yang diadakan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Menurutnya, acara seperti ini sangat langka dan dapat memberikan kesejukan di tengah-tengah keberagaman yang ada. “Saya Mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY yang telah menyelenggarakan acara ini. Saya rasa webinar kali ini sangat positif untuk menjembatani perbedaan dan mengajak kita untuk dapat melihat dari sisi seberang,” ungkap Ernest.

Comment here