Transformasi Kelembagaan

Tingkatkan Kompetensi Sosio Kultural, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Webinarshow “Harmoni dalam Keberagaman”

Semarang (15/02) – Guna menumbuhkan sikap toleransi, menghormati keberagaman dan memupuk semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai perekat dan pemersatu bangsa, pada Senin, 15 Februari 2021 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengadakan Webinarshow Sosio Kultural. Acara ini digelar untuk meningkatkan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai ASN selain kompetensi teknis dan managerial, yaitu Sosio Kultural.

Pada intinya Sosio Kultural mengajarkan kepada khususnya ASN untuk selalu mempromosikan sikap toleransi, keterbukaan terhadap setiap perbedaan dan berwawasan kebangsaan. Acara yang digelar secara daring ini mengusung tema “Harmoni dalam Keberagaman” yang juga mengambil moment peringatan Tahun Baru Imlek 2021. Selain diisi oleh pegawai Bea Cukai yang berasal dari etnis tionghoa dan narasumber dari China, acara ini turut dimeriahkan oleh seorang komika, penulis dan sutradara film kenamaan, Ernest Prakasa.

Padmoyo Tri Wikanto, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menyampaikan bahwa saat ini Bea Cukai terus berbenah diri agar lebih peka terhadap segala situasi dan kondisi. “Kompetensi sosio kultural ini sudah diatur oleh Kementerian PAN-RB dan di Kementerian Keuangan terus berusaha menumbuhkembangkan, khususnya ASN di Bea Cukai diharapkan mampu melakukan aksi nyata sehingga dapat menjadi perekat perbedaan menjadi keberagaman dalam suatu harmoni”, tuturnya.

Indonesia merupakan negara dengan beragam perbedaan mulai dari agama, budaya, adat istiadat dan lain sebagainya, sehingga menjadi ASN harus memiliki kompetensi ini agar dapat menjadi perekat dan pemersatu bangsa dimanapun ASN itu ditugaskan. Seorang ASN harus memiliki sikap toleransi, keterbukaan, peka terhadap perbedaan, mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat ditengah kemajemukan, sehingga akan menciptakan kelekatan yang kuat antara ASN dan pemangku kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia.

Comment here