Lain-lain

Kenali Strategi Membangun Relasi Unit Kehumasan Instansi

Semarang, (23/02/2021) – Kepala Subdirektorat Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Hatta Wardhana menyosialisasikan secara daring tugas dan fungsi Unit Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Kehumasan dalam acara PLI Milenial Season 3, Selasa, 22 Februari 2021.

Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Kehumasan merupakan unit yang salah satu tugasnya membangun relasi baik dengan pengguna jasa dan masyarakat. Hal tersebut memerlukan strategi komunikasi khusus yang tepat. Hubungan yang baik akan menunjang tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Hatta menyebut setidaknya ada tiga hubungan yang wajib dipastikan berjalan baik, yaitu hubungan dengan stakeholders, media, dan masyarakat luas.

Hatta juga menyampaikan bahwa untuk menjalin hubungan baik dengan stakeholder, antara lain dilakukan dengan membuat saluran komunikasi dengan pengguna jasa seperti WhatsApp group dan media lainnya. “Saluran komunikasi ini akan menjadi sesuatu hal yang sangat bermanfaat bagi kita. Melalui wadah ini berbagai informasi dapat kita sampaikan secara realtime dengan jangkauan yang spesifik. Media ini juga dapat dijadikan wadah untuk menampung informasi dari pengguna jasa,” Ujarnya.

Bersamaan dengan membangun komunikasi yang baik dengan stakeholders, penting juga membangun hubungan baik dengan media. Peran media sangat penting karena menjadi alat yang tepat untuk mengabarkan informasi tentang kebijakan yang perlu diketahui masyarakat. Berbagai pendekatan dan jaringan dapat dibangun antara lain dengan siaran pers, konferensi pers, media visit hingga media gathering.

Adapun hubungan baik dengan masyarakat bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat sadar akan kehadiran Bea Cukai,  memahami tugas dan fungsinya, serta mudah menghubunginya. Hubungan dengan masyarakat dapat dibina melalui kegiatan seperti car free day, customs goes to school, dan mengelola media social dengan baik serta kegiatan lain yang melibatkan peran serta masyarakat.

Comment here