Transformasi Kelembagaan

Sri Mulyani Minta Jajarannya Tingkatkan Sinergi dan Maksimalkan Program Secondment

Semarang (24/2) — Sebagai wujud ikhtiar untuk terus meningkatkan sinergi antar instansi di Kementerian Keuangan, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY turut berpartisipasi dalam kegiatan Secondment 2021. Seluruh secondee dan mentor mendapat arahan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam acara Kick Off Meeting Program Secondment Tahun 2021, Rabu, 24 Februari 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh pejabat Eselon I di lingkungan Kemenkeu, Special Mission Vehicles (SMV) Kemenkeu, mentor secondment, dan peserta secondment (secondee).

Sri Mulyani berpesan kepada seluruh mentor dan secondee agar kegiatan ini dapat menjadi wadah menambah ilmu dan pengalaman baru sehingga meningkatkan kerja sama antar instansi. “Tantangan ke depan akan semakin kompleks dan tentunya membutuhkan kerja sama yang kuat. Maka dari itu Saya berpesan kepada semua, agar program secondment ini digunakan secara maksimal. Gunakanlah sebagai wahana untuk menambah ilmu dan pengalaman, sehingga nanti manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk organisasi, bangsa dan negara serta perekonomian Indonesia,” pesannya.

Sri Mulyani berharap Kemeterian Keuangan sebagai bendahara dan pengelola keuangan negara, dapat terus memperbaiki produktivitas, inovasi, dan daya kompetisi untuk menghadapi persoalan fundamental ekonomi negara. Sri Mulyani juga mengapresiasi seluruh jajaran yang berperan aktif dalam program secondment ini. “Saya mengucapkan terima kasih atas inovasi yang bagus, seperti pengelompokan peserta secondment yang semakin beragam. Hal ini menunjukan adanya upaya untuk memperbaiki kinerja dalam meningkatkan kualitas,” pungkas Sri Mulyani.

Secondment merupakan penugasan dengan menempatkan pegawai dalam jangka waktu dan tujuan tertentu di unit organisasi lain dengan tugas dan pengawasan yang berlaku dalam unit organisasi yang ditempati. Dalam situasi waspada COVID-19, saat ini pembekalan secondment bagi para pegawai DJBC dilakukan melalui E-Learning.

Adapun Hadiyanto, Sekretaris Jenderal Kemeterian Keuangan, menerangkan strategi yang akan dilakukan untuk mengoptimalkan program secondment tahun 2021. Program yang mengusung tema “Kuatkan Sinergi, Bangkitkan Ekonomi” akan dilaksanakan dalam dua batch dan satu secondment lanjutan untuk pelaksanaan joint program penerimaan negara. Batch pertama yang akan dilaksanakan sampai dengan Bulan April ini, diikuti oleh total 237 orang peserta dengan rincian 150 orang secondee dan 87 orang mentor.

Comment here