Transformasi Kelembagaan

Optimalkan Sinergi Joint Program 2021, Tri Wikanto Usulkan 4 Program

Semarang (25/02) – Dalam rangka meningkatkan efektivitas serta akselerasi Program Sinergi Kemenkeu Tahun 2021, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY mengikuti Rapat Koordinasi Program Sinergi 2021 pada Kamis, 25 Februari 2021. Rapat online ini dipimpin oleh  Sudarto, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, selaku Ketua Pelaksana Harian (Joint Tim Pelaksanaan Reformasi Perpajakan dan Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai).

Sudarto menyampaikan bahwa telah banyak program yang dilaksanakan pada tahun 2020 dan akan terus dikembangkan pada tahun 2021 ini. Program tersebut diantaranya yaitu joint analysis, joint audit, dan joint proses bisnis ekspor impor batu bara.  “Terhadap program-prgram yang akan terus dikembangkan kami mohon bantuan dari Bapak/Ibu semua terus memonitoring dan evaluasi untuk menyukseskan program sinergi ini,” pesan Sudarto.

Rapat koordinasi diikuti oleh 11 grup yang masing-masing terbentuk dari Kanwil Bea Cukai dan Kanwil Pajak pada wilayahnya. Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY bersama Kanwil Pajak Jateng I, Kanwil Pajak Jateng II, dan Kanwil Pajak DIY tergabung dalam Grup 14. Pemaparan capaian 2020 dan rencana kerja 2021 dari Grup 14 disampaikan oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto.

Tri Wikanto memaparkan capaian pada tahun 2020 dan rencana kerja tahun 2021 di lingkungan Jateng dan DIY. Terdapat empat usulan dukungan joint program yang akan dilaksanakan. Usulan tersebut yaitu menuntaskan kegiatan penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), pembelian alat deteksi tracing (tracing detector), penyelesaian penerbitan faktur pajak dan pelaporan faktur pajak yang wajib dilampirkan dalam BC 2.5 dan BC 4.1, serta pembuatan payung hukum untuk mendukung kegiatan joint program.

“Usulan tersebut tentunya perlu mendapat dukungan penuh dari setiap instansi terkait. Oleh karena itu, kami di Jateng dan DIY optimis dapat mencapai target yang telah ditentukan karena kami terus melakukan sinergi dan pertukaran data untuk dapat mencapai target tersebut,” pungkas Tri Wikanto.

Comment here