Lain-lainTransformasi Kelembagaan

Tri Wikanto : Membangun Negeri dengan Berinvestasi, dari Kita, oleh Kita, untuk Kita

Semarang – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, menjadi keynote speaker dalam Wealth Inspiration Webinar Sukuk Ritel SR014 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko pada Kamis, 04 Maret 2021. Kegiatan daring ini mengusung tema “Bangkitkan Ekonomi Negeri Lewat Investasi dan diikuti oleh pejabat/pegawai Kementerian Keuangan di Jawa Tengah.

Tri Wikanto menyebutkan bahwa Pemerintah telah menerbitkan serangkaian instrumen Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) yang ditujukan kepada investor individu di dalam negeri sebagai bentuk upaya peningkatan kemandirian sumber pembiayaan APBN dari pasar keuangan domestik. Di antara produk tersebut adalah Sukuk Ritel yang telah rutin diterbitkan oleh pemerintah sejak tahun 2009 dan pada tahun ini pemerintah menerbitkan Sukuk Ritel yang ke-14, yakni SR014.

Sepanjang periode penerbitannya, Sukuk Ritel mendapatkan animo sangat besar dari masyarakat. Total akumulasi penerbitan Sukuk Ritel SR001 s.d. SR013 (tahun 2009 s.d. Maret 2020) telah mencapai Rp204 triliun, dengan 318.585 Investor yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. “Instrumen ini juga merupakan instrumen inklusif yang sangat efektif dan dapat mendorong terwujudnya transformasi masyarakat dari saving oriented menjadi investment oriented, dari gemar menabung menjadi gemar berinvestasi,” ujar Tri Wikanto.

“Saya mengajak seluruh jajaran di Kementerian Keuangan untuk ikut memborong Sukuk Ritel ini karena selain aman, sukuk ritel ini juga tentunya menguntungkan, mudah diakses dimanapun dan kapanpun, serta dinyatakan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. Saya berharap partisipasi yang tinggi dari masyarakat sebagai sebuah siklus pembiayaan dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” ajak Tri Wikanto.

Comment here