Lain-lain

Peringatan Isra’ Mi’raj : Perjalanan Menuju Perbaikan Kualitas Diri

Semarang – Untuk mengenang perjalanan luar biasa yaitu Isra Mi’raj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan Webinar Peringatan Isra’ Mi’raj pada Rabu, 10 Maret 2021. Kegiatan daring ini mengusung tema “Perjalanan Menuju Perbaikan Kualitas Diri” dan menghadirkan Ust. Drs. Fachrur Rozi M.Ag sebagai narasumber.

Ust. Fachrur Rozi dalam ceramahnya menyampaikan bahwa banyak sekali kekuasaan Allah SWT yang ditunjukkan melalui Isra’ Mi’raj. Salah satunya yaitu dengan diperjalankannya  Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram – Makkah menuju Masjidil Aqsha – Palestina, kemudian dilanjutkan dari Masjidil Aqsha menuju Sidratil Muntaha untuk menghadap Allah SWT dalam waktu satu malam saja.

“Peristiwa besar ini tentunya tidak masuk akal atau nalar manusia, tetapi dengan keimanan kita kepada Allah SWT semua itu menjadi masuk akal. Terlebih lagi hal tersebut diceritakan oleh orang yang tidak pernah dusta dalam hidupnya yaitu Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan pengingat kepada seluruh muslim mengenai lahirnya perintah sholat yang di dalam setiap gerakannya terkandung makna dan merupakan upaya perbaikan kualitas diri.  Ust. Fachrur Rozi juga berpesan untuk selalu mengingat kebesaran Allah SWT dalam setiap ujian, karena dalam hidup terkadang tidak mendapatkan apa yang diinginkan dan mendapatkan yang tidak diinginkan.

Sementara itu Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto berpesan kepada jajarannya agar selalu mengambil makna yang terkandung dalam setiap peringatan hari besar keagamaan. “Setiap peringatan hari besar keagamaan pasti mengandung makna, termasuk Isra’ Mi’raj yang memiliki makna hijrah. Hal itu dapat kita ambil esensinya untuk senantiasa melakukan perbaikan, reformasi, dan transformasi baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” pesannya.

Comment here