Lain-lainReformasi Birokrasi

Bea Cukai Jateng DIY Sebarkan Pesan Integritas pada Pengusaha Kawasan Berikat

Semarang (12/03) – Kanwil Bea Cukai Jateng DIY terus mengajak mitra kerjanya untuk saling mendukung dalam membangun Zona Integritas tidak hanya di lingkungan kantor Bea dan Cukai namun juga perusahaan. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan, Florentina Yunita pada Kelas Fasilitas Daring bagi Pengusaha Kawasan Berikat, Jumat, 12 Maret 2021.

Nita mengatakan bahwa Bea Cukai tidak bisa sendiri dalam membangun Zona Integritas. “Pembangunan Zona Integritas ini tidak mungkin hanya kami laksanakan sendiri. Membutuhkan peran serta dari seluruh pengguna jasa dan stakeholder,” ujar Nita kepada para perwakilan pengusaha Kawasan Berikat di wilayah Jateng DIY.

Nita menyampaikan bahwa selain menjaga integritas, Bea Cukai terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk perbaikan sarana dan prasarana sebagaimana masukan dari stakeholders. Khusus untuk Kanwil Jateng DIY antara lain telah melakukan upaya peningkatan kapasitas pegawai melalui pelatihan teknis, pelatihan layanan prima, perbaikan sarpras seperti toilet dan tempat ibadah. Untuk layanan parkir yang memang terbatas, Bea Cukai akan mengutamakan penggunaannya untuk stakeholders.

Nita juga menekankan bahwa terdapat 3 hal yang perlu dicatat oleh pengusaha Kawasan Berikat. Yang pertama, semua layanan Bea dan Cukai 100% gratis (tidak dipungut biaya). Yang kedua, petugas Bea Cukai yang bertugas di Kawasan Berikat telah diberikan tambahan pendapatan yang sangat cukup oleh negara. Pengusaha tidak perlu memberikan makan, minum, transport dll. Yang ketiga, Bea Cukai menyediakan saluran pengaduan yang mudah diakses. Pengaduan yang disampaikan akan terjamin kerahasiaannya namun perlu didukung data atau bukti yang cukup.

Comment here