Lain-lain

Ini Pesan Penting Askolani, Dirjen Bea Cukai Baru untuk Jajarannya di Jateng DIY!

Semarang – Askolani, Direktur Jenderal Bea dan Cukai yang baru saja dilantik Menkeu Sri Mulyani 2 pekan lalu, melakukan kunjungan pertamanya di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada Kamis, 25 Maret 2021. Askolani menyapa jajarannya di Aula Kanwil yang juga diikuti para pegawai di lingkungan Kanwil Jateng DIY secara daring. Dalam kunjugannya, Askolani juga akan meninjau Pelabuhan Tanjung Emas untuk memastikan kelancaran arus barang.

Menurut Askolani, Bea Cukai juga memiliki peran strategis dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di 2021. “Tantangan yang masih harus kita hadapi adalah mengatasi dampak pandemi Covid-19 khususnya di bidang kesehatan, karena ini adalah kuncinya. Kita tahu bahwa Bea Cukai memiliki kontribusi yang cukup signifikan untuk mendukung hal tesebut. Dengan kebijakan nasional kita memberikan fasilitas untuk kemudahan pengadaan alat-alat kesehatan, dan saat ini kita juga memberikan kemudahan untuk impor vaksin”, ujarnya seraya meminta kepada jajarannya untuk terus memfasilitasi industri dengan memberikan insentif fiskal bagi dunia usaha.

Tugas dan fungsi Bea Cukai di bidang penerimaan juga menjadi sorotan Askolani. Ia mengingatkan bahwa Bea Cukai harus mengoptimalkan penerimaan negara. “Untuk bisa mengomptimalkan penerimaan negara ini kita harus bekerja secara professional dan full effort sebab kita menghadapi tantangan di masa pandemi Covid-19 ini. Kita melihat potensi penerimaan kita masih bisa meningkat, kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan cukup siginifikan dalam rangka mengoptimalkan sisi penerimaan kita”, jelasnya.

Selanjutnya Askolani juga mengingatkan peran Bea Cukai dalam bidang penegakan hukum. “Penegakan hukum harus kita laksanakan secara optimal dan terukur, kita harus terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya. Dengan koordinasi yang baik dengan APH itu bisa mengoptimalkan daripada penegakan hukum yang kita lakukan”, tegasnya.

Askolani juga berpesan bahwa yang lebih penting dari ketiga tugas dan fungsi yang ia sampaikan adalah integritas. “Integritas adalah kunci, mandarah daging kepada kita semua, sebab kalau integritas tidak kita tegakkan maka akan menjadi titik kelemahan kita semua dalam melaksanakan tugas, kita harus ingat sumpah kita sebagai ASN dan itu sumpah kepada Tuhan”, tegasnya.

Comment here