Lain-lain

Menkeu, Gubernur BI dan Ketua OJK Sosialisasikan PEN dan UU Cipta Kerja di Jateng

Semarang – Sebagai upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Keuangan berkolaborasi dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan mengadakan kegiatan Temu Stakeholders di Ballroom Hotel PO Semarang pada Kamis, 25 Maret 2021.

Dalam acara yang membahas Percepatan PEN dan UU Cipta Kerja sebagai upaya mengatasi pandemi Covid-19 ini menghadirkan Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Gubernur BI, Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dan Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto, sebagai narasumber. Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Penjamin Simpanan, Purbaya Yudhi Sadewa dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Heru Pambudi, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden untuk melakukan sosialisasi kebijakan PEN dan UU Cipta Kerja. “Saya harap acara ini dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi kepada seluruh stakeholders terkait upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Heru.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa Kemenkeu siap menggunakan seluruh instrumen, termasuk Special Mission Vehicle (SMV) yang dimiliki untuk mendorong percepatan PEN, baik melalui pemberitan fasilitas perpajakan maupun melalui fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus serta Kawasan Berikat. “Saya berharap upaya kolaborasi ini akan meningkatkan keyakinan masyarakat untuk kembali melakukan kegiatan ekonomi walau dalam suasana yang berbeda.   Sebab, kolaborasi ini tidak cukup antara eksekutif dan legislatif saja, tapi Indonesia membutuhkan seluruh masyarakat bergotong royong membangun ekonomi dengan tetap menjaga kesehatan,” Ujar Sri Mulyani.

Setelah berbagai tantangan global silih berganti selama satu dekade, pandemi Covid-19 datang sebagai suatu kejutan luar biasa di 2020 yang memukul dunia tanpa pandang bulu.  Pertumbuhan ekonomi tahun 2020 jatuh ke zona negatif di hampir seluruh negara di dunia. Pemerintah merespon dengan berbagai kebijakan luar biasa dan bekerja keras dengan selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mencegah kontraksi ekonomi lebih dalam.

Program PEN disusun secara cermat dengan upaya perbaikan yang berjalan secara terus-menerus agar mampu mengatasi krisis kesehatan sekaligus meringankan beban berbagai pihak yang terdampak pandemi.  Di tahun 2021, Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memperkuat berbagai langkah dalam mengendalikan pandemi serta memulihkan ekonomi.

Comment here