Pelayanan

Bantu UKM Ekspor ke Lima Benua, LPEI Gandeng Bea Cukai Latih Eksportir Baru

Surakarta (31/3) – Dalam rangka meningkatkan ekspor UKM dari Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mengadakan pelatihan Coaching Program for New Eksporter (CPNE) di Indonesia Eximbank/ LPEI Surakarta, Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Surakarta pada Rabu, 31 Maret 2021.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi, R. Gerald Setiawan Grisanto mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kolaborasi LPEI, Kanwil DJBC Jawa Tengah & DIY, Kanwil DJP Jawa Tengah II, dan Pemerintah Kota Surakarta. “Kami mengharapkan Bapak Ibu pelaku usaha UKM berorientasi dan berpotensi ekspor setelah mengikuti pelatihan ini dapat segera memasuki pasar ekspor. Kita semua berharap produk UKM dari Indonesia dapat menembus pasar ekspor di lima benua” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta Padmoyo Tri Wikanto menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh LPEI ini. “Di sini (LPEI Surakarta-red) kita membuka Rumah Solusi Ekspor (RSE). Tentu kegiatan ini selaras dengan tujuan RSE yaitu meningkatkan ekspor salah satunya dari sektor UKM. Bapak Ibu semua jangan ragu-ragu untuk bertanya ke kantor Bea Cukai terdekat apabila membutuhkan informasi terkait prosedur ekspor” pesannya.

Nada optimispun disampaikan oleh Heru Subagyo, salah satu pelaku UKM makanan kaleng dari Yogyakarta, “Program ini sangat penting bagi kami para pelaku UKM yang baru terbentuk maupun yang sudah namun belum memulai ekspor. Kami yakini program ini akan sangat membantu kami untuk bisa ekspor ke lima benua” ujarnya.

CPNP merupakan program pelatihan dan pendampingan kepada UKM agar bisa melakukan ekspor. Hal ini meliputi perijinan, tata cara ekspor hingga pembiayaan ekspor. Dalam tahap awal ini, sebanyak 35 peserta yang dibagi dalam dua batch mendapatkan materi mengenai motivasi dan bisnis ekspor serta ketentuan mengenai kode barang (HS Code) ekspor dan harga barang ekspor dari para praktisi dan instansi terkait.

kontributor: Adi

Comment here