Fasilitas

Pantik Geliat Ekonomi Daerah, Bea Cukai Berikan Fasilitas Kawasan Berikat untuk Perusahaan Garmen di Banjarnegara

Semarang (05/04) – Bea Cukai Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta berkolaborasi dengan Bea Cukai Purwokerto kembali memberikan fasilitas fiskal berupa izin Kawasan Berikat kepada industri garmen berorientasi ekspor di Banjarnegara. Perizinan ini merupakan yang ke-4 diberikan sepanjang tahun 2021 dan diberikan kepada PT Purnama Asih Surya Indonesia (PASI) pada Senin, 5 April 2021 secara daring. PT PASI merupakan perusahaan penerima Fasilitas Kawasan Berikat kedua di Kabupaten Banjarnegara.

“Selain meningkatnya volume ekspor, kami yakin bahwa dengan fasilitas ini dapat membawa manfaat khususnya di perusahaan kami dan bagi kabupaten banjarnegara pada umumnya, seperti penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan kegiatan ekonomi di lingkungan pabrik” ujar Moon Hyung Joo yang hadir secara daring selama pemaparan proses bisnis berlangsung. PT PASI sendiri merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2020 dan hingga saat ini memiliki 644 tenaga kerja. Dengan hadirnya fasilitas kawasan berikat, PT PASI diproyeksikan mampu menyerap hingga 2.000 tenaga kerja.

Sementara itu Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Amin Tri Sobri menyambut baik pengajuan fasilitas Kawasan Berikat oleh PT PASI dan berpesan untuk memanfaatkan fasilitas secara maksimal agar membawa manfaat sebagai penggerak ekonomi daerah. “Fasilitas Kawasan Berikat ini diberikan guna membantu untuk mendorong produktivitas perusahaan, dan diharapkan juga memberi dampak perekonomian yang positif bagi masyarakat sekitar”, jelas Amin.

Fasilitas Kawasan Berikat merupakan fasilitas fiskal yang diberikan Bea dan Cukai dalam bentuk penangguhan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor tidak dipungut untuk importasi bahan baku yang hasil produksinya akan diekspor. Hadirnya fasilitas ini diharapkan mampu memantik geliat ekonomi daerah dan menggalakkan ekspor dikala pandemi.

Comment here