Fasilitas

Jalankan Fungsi Industrial Asisstance, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Kelas Fasilitas KITE

Semarang –  Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar Kelas Fasilitas secara daring untuk pengusaha penerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) di wilayahnya pada Jumat, 9 April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatan pelayanan dan  sejalan dengan refreshment pelayanan dan kewajiban perusahaan penerima fasilitas KITE.

Dalam kegiatan ini, Plh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Cahya Nugraha menyampaikan bahwa perusahaan penerima fasilitas KITE memiliki peran penting dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai pendukung devisa hasil ekspor.

“Bea Cukai dan perusahaan KITE merupakan partner kerja yang setara. Kita saling mendukung untuk mencapai tujuan organisasi masing-masing. Kami berharap Kelas Fasilitas KITE ini dapat meningkatkan industri Indonesia agar mampu bersaing secara sehat dan berjaya di sektor global,” ujar Cahya yang kemudian menjelaskan perubahan yang dilaksanakan Bea Cukai seperti perbaikan prosedural dan peningkatan kompetensi pegawai untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna fasilitas Kepabeanan dan Cukai.

Sementara itu, Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II, Aries Widjanarko selaku narasumber menjelaskan hal-hal terkait perubahan SKEP Perizinan Fasilitas KITE dan panduan singkat pengisian dokumen pabean kategori fasilitas KITE. Aries juga menegaskan hal-hal  terkait dengan perubahan data SKEP perijinan fasilitas KITE yang harus diajukan kepada Kepala Kantor Wilayah.

“Peraturan mengenai perubahan SKEP perijinan fasilitas KITE tercantum pada pasal 8 PMK Nomor 160/PMK.04/2018 dan PMK Nomor 160/PMK.04/2018. Pengajuan perubahan tersebut harus diajukan kepada Kepala Kantor Wilayah dengan menyertakan dokumen pendukung yang wajib dilampirkan seperti SKEP KITE Terakhir, Nomor Induk Berusaha, dan kelengkapan dokumen lainnya,” tutur Aries.

Comment here