Lain-lain

Perkuat Sinergi, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan KPP Demak Bahas Kawasan Berikat

Semarang (20/4) – Dalam rangka optimalisasi penerimaan negara, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Demak duduk bersama membahas isu-isu berkaitan dengan Kawasan Berikat pada Rabu 14 April 2021, di ruang rapat Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Semarang. Dalam acara ini antara lain dibahas tentang Kawasan Berikat, alur pengenaan pajak, dan potensi-potensi penerimaan negara di dalamnya.

Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I pada Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Cahya Nugraha mengapresiasi kunjungan KPP Demak sebagai salah satu sarana meningkatkan sinergi antara DJP dan DJBC dalam optimalisasi penerimaan negara. Selain menjelaskan gambaran umum terkait Kawasan Berikat, Cahya juga menekankan pentingnya atensi terhadap perlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Sementara itu Lucia Enggar, Account Representative KPP Demak berharap agar kegiatan sharing knowledge proses bisnis antara DJP dan DJBC dapat terus dilakukan. “Pertemuan seperti ini harusnya menjadi lebih sering sebagai bentuk sinergi sebagaimana harapan para pimpinan. Jadi karena kami juga sering melakukan pemeriksaan, kami harus tahu nih Pak proses bisnis dari misal BC 4.0 seperti apa, atau misal ekspor itu pembuktian ekspornya seperti apa karena terkait restitusi PPN dan sebagainya,” ujarnya.

Enggar mengapresiasi atas sharing knowledge yang diberikan karena pemahaman yang benar terhadap proses bisnis tentunya akan meminimalisir terjadinya human error saat melakukan pemeriksaan perpajakan pada perusahaan Kawasan Berikat. Apalagi saat ini saat ini sudah terdapat tujuh Kawasan Berikat di Kabupaten Demak dan pabrik-pabrik lainnya yang saling terkait dengan Kawasan Berikat.

Comment here