Lain-lain

Tingkatkan Kompetensi di Bulan Ramadhan, Bea Cukai Jateng DIY Gelar Kursus Bahasa Arab

Semarang – Dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai untuk menunjang kinerja yang lebih baik, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menggelar pembelajaran bahasa Arab yang diawali dengan webinar bertajuk Never Stop Learning Season 3 : Al-Lughah Al-Arabiyyah. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Senin, 19 April 2021 dengan menggandeng Prodi Sastra Arab, FIB UGM.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya memahami bahasa asing yang merupakan bahasa bisnis dan perdagangan dalam menghadapi perkembangan ekonomi dunia. “Seiring dengan perkembangan ekonomi dunia, Bea Cukai harus senantiasa responsif untuk menghadapinya. Saya harap pembelajaran ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta sehingga dapat bermanfaat dan menjadi sarana untuk belajar bersama,” ujar Tri Wikanto.

Sementara itu, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum, mengatakan bahwa mempelajari bahasa asing dapat melatih seseorang untuk memahami orang dan budayanya. “Selain karena tusi bea cukai dalam perdagangan dunia, mempelajari bahasa asing menurut Saya merupakan pelajaran untuk memahami orang dan budaya asing tanpa membedakan ras, suku, dan agama,” tutur Nur.

Webinar ini juga menghadirkan Prof. Syamsul Hadi, S.U., M.A selaku  Guru Besar Bahasa Arab dan Dr. Zulfa Purnamawati, M.Hum., sebagai narasumber yang menyampaikan tentang pengaruh bahasa Arab terhadap bahasa Indonesia dan metode pembelajaran bahasa Arab. Seperti NSL pada season sebelumnya, NSL season 3 ini akan dilanjutkan dengan kursus singkat selama 8 hari kerja sesuai dengan kurikulim yang telah dirancang oleh tim pengajar dari Prodi Sastra Arab UGM.

Comment here