Lain-lain

Sinergi Dukung Bea Cukai Yogyakarta Raih Predikat Kantor Pelayanan Terbaik 2021

Semarang – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Padmoyo Tri Wikanto mengajak seluruh KPPBC di wilayah Jateng DIY mendukung Bea Cukai Yogyakarta yang sedang mengikuti pencalonan sebagai Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) tahun 2021. Hal tersebut disampaikan dalam rapat pembahasan persiapan penilaian KPT pada Kamis 20 Mei 2021 bersama seluruh Pejabat Administrator dan Kepala Kantor Bea Cukai di lingkungan Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Tri menyampaikan bahwa sebagai satu keluarga di Kanwil Bea Cukai Jateng DIY maka sudah menjadi kewajiban untuk saling mendukung. “Ini bukan program Kantor Bea Cukai Yogyakarta saja, ini adalah program bersama, karena seperti tagline kita “Bersama Pasti Bisa”, kita bergandengan tangan dan memberi masukan kepada jajaran Bea Cukai Yogyakarta dalam rangka mengikuti kompetisi ini”, tuturnya.

“Berdasarkan pengalaman, penilaian kantor terbaik adalah bagaimana kantor tersebut memenuhi persyaratan dasar sebagai kantor pelayanan publik seperti Standar Operational Prosedur (SOP) dan janji layanan itu harus ada, yang kedua berkaitan dengan infrastruktur dan sarana prasarana juga harus tersedia seperti ruang laktasi dan lain-lain, 5R harus dilaksanakan”, ujar Tri.

Sementara itu Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang menyampaikan bahwa Kantor Bea Cukai Yogyakarta lolos dan terpilih sebagai salah satu kandidat dalam kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2021 tingkat Kementerian Keuangan. Berbagai perbaikan dan inovasi telah dilakukan untuk memenuhi parameter-parameter penilaian sebagai KPT 2021.

“Kami telah melakukan perbaikan-perbaikan dari segi infrastruktur, sarana-prasarana, SDM, dan lain sebagainya. Berbagai inovasi baik terkait pelayanan public maupun untuk internal juga telah kami lakukan seperti saluran komunikasu publik melalui BEJO Radio, BEJO SIAP BAPER untuk pelayanan barang penumpang, BEJO SI RAJA untuk pelayanan pengajuan jaminan dan lain sebagainya”, tuturnya.

Koordinasi dan sinergi ini sebagai wujud dukungan dari jajaran Bea Cukai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY kepada Bea Cukai Yogyakarta untuk bisa menjadi Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2021. Predikat tersebut merupakan bentuk upaya Bea Cukai untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh stakeholder.

Comment here