Lain-lain

Ini Pesan Kakanwil untuk Seluruh Peserta PJJ Administrasi Penyidikan Kepabeanan dan Cukai

Semarang – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto membuka Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Administrasi Penyidikan Kepabeanan dan Cukai TA 2021 pada Senin, 21 Juni 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta. PJJ ini dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 30 Juni 2021 dan diikuti oleh 30 pegawai DJBC secara daring melalui video conference.

Tri Wikanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penyidikan memiliki peran yang sentral, strategis, dan peka waktu. Hal tersebut merupakan filosofis dasar yang harus diperhatikan dalam  penyidikan.

“Disiplin waktu merupakan aspek yang menjadi concern dalam proses penyidikan karena memiliki janji layanan khusus yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Oleh karena itu Saya berharap seluruh peserta tetap disiplin dan turut aktif untuk mengembangkan kemampuan, sensitivitas, kepekaan, dan keterampilan walaupun PJJ ini dilaksanakan secara daring,” ujarnya.

Selain itu Tri Wikanto juga menyampaikan bahwa saat ini Bea Cukai ditantang untuk melakukan Penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang memiliki kompleksitas lebih tinggi. TPPU tidak hanya terpaku pada Undang-Undang Kepabeanan, tetapi juga harus memperhatikan undang-undang lain seperti TPPU, perbankan, narkotika, dll.

Sementara itu Plt. Kepala Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Chatarina P. Dyah Iswandari mengatakan bahwa PJJ ini diselenggarakan untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan SDM di bidang penegakan hukum. “BDK Yogyakarta selalu mendukung kebutuhan SDM DJBC. Dengan adanya PJJ ini diharapkan dapat menambah kemampuan dan keterampilan dibidang penegakan hukum”, ujarnya.

Comment here