Fasilitas

Dorong Ekspor dan Penyerapan Tenaga Kerja, Bea Cukai Jateng DIY Berikan Fasilitas KITE Perdana

Semarang (22/6) – Dorong  pemulihan ekonomi nasional, Kanwil Bea Cukai Jateng DIY berkolaborasi dengan KPPBC Kudus memberikan fasilitas fiskal berupa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Pembebasan kepada PT Guna Citra Kartika, secara daring, Senin 21 Juni 2021. Ini merupakan fasilitas KITE pertama yang diberikan di 2021, dan menambah deretan perusahaan penerima fasilitas KITE di wilayah Jateng DIY menjadi 51 perusahaan.

“Dengan fasilitas KITE Pembebasan maka perusahaan akan memperoleh pembebasan bea masuk dan PPN impor tidak dipungut atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor”, jelas Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Amin Tri Sobri.

“Harapannya ya fasilitas KITE ini menjadi insentif fiskal yang mampu menekan biaya produksi sehingga meningkatkan daya saing produk dan membantu cash flow. Berkembangnya perusahaan akan meningkatkan ekspor dan serapan tenaga kerja serta memicu pertumbuhan ekonomi”, imbuh Amin.   

Setelah mendapatkan fasilitas, Direktur PT. Guna Citra Kartika, Suhartono pun mengapresiasi Bea Cukai yang telah memberikan asistensi dengan baik, dan berkomitmen untuk tidak menyalahgunakan. “Diberikannya fasilitas KITE tentunya bagi kami ini adalah kabar baik. Komitmen kami sebagai pengusaha berkewajiban untuk selalu mengikuti aturan yang dibuat pemerintah, kami ikuti segala aturan pemerintah”, jelas Suhartono.

Berdiri sejak 2012, perusahaan yang berlokasi Desa Tambak Rejo Kabupaten Jepara ini bergerak di bidang produk hasil laut berupa olahan rajungan dalam kaleng. Saat ini memiliki 250 karyawan dengan kapasitas produksi 1000 ton per tahun. Mampu menembus Amerika sebagai tujuan ekspor utama.

Dengan fasilitas KITE, Suhartono menargetkan akan meraih devisa ekspor sebesar USD7.800.000 ditahun 2021 dengan peningkatan 20% per tahun. Penyerapan tenaga kerja juga ditargetkan meningkat 20% setiap tahun.

Comment here