Reformasi Birokrasi

Wujudkan WBK, Bea Cukai Jateng DIY Butuh Dukungan Semua Pihak

Semarang (19/7) – Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto memimpin monev pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), secara daring pada Jumat, 16 Juli 2021. Hal ini sebagai tindak lanjut direkomendasikannya Kanwil Bea Cukai Jateng DIY untuk mengikuti penilaian tingkat nasional, setelah pada tahap-tahap sebelumnya dinilai memenuhi syarat yang ditentukan.

Tri Wikanto menegaskan kepada seluruh jajarannya untuk senantiasa menegakkan integritas dan melakukan perbaikan terus menerus dalam segala aspek. Ia juga menyampaikan bahwa semangat untuk mewujudkan WBK tidak boleh terhenti hanya di level kanwil saja, namun juga harus menyeluruh hingga ke seluruh pegawai di lingkup kantor pelayanan.

“Semangat ini yang harus didorong oleh kita semua. Integritas itu hal yang wajib untuk senantiasa di junjung tinggi. Selain itu terus lakukan upaya monitoring. Plan, do, act, and checknya harus selalui kita jaga siklusnya,” pesan Tri Wikanto

“Saya juga berharap bahwa perjuangan meraih ZI WBK dan WBBM ini harus kita lakukan bersama-sama di seluruh satuan kerja, tidak boleh ada yang tertinggal,” imbuhnya.

Dalam monev tersebut, Koordinator Pengungkit Penataan Sistem Manajemen SDM, Firsti Masdiani yang juga menjabat Kabag Umum Kanwil, memaparkan capaian-capaian yang telah diraih dalam penilaian Tim Penilai Kementerian (Irjen Kemenkeu).

Penilaian dilakukan atas enam komponen pengungkit yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan bobot penilaian sebesar 60%. Sedangkan komponen hasil berupa pemerintah yang bersih dan bebas KKN dan nilai persepsi kualitas pelayanan melalui survei eksternal memiliki bobot penilaian sebesar 40%.

Firsti juga menguraikan beberapa hal yang dapat dilakukan perubahan dan perbaikan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa serta memastikan bahwa pelayanan yang diberikan dapat terbebas dari KKN.

Komitmen dalam menjaga integritas dan menggelorakan semangat anti korupsi tak henti hentinya terus dilaksanakan oleh Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Pembangunan Zona Integritas akan terus diupayakan dan dijaga. Hal ini tidak dapat dilakukan sendiri, namun membutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak termasuk para pengguna jasa atau stakeholder.

Comment here