Lain-lain

Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Menangkan Perlombaan Antar Unit K-9

Semarang (16/08) – Unit K-9 Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY meraih prestasi sebagai pemenang dalam perlombaan antar unit K-9 yang diadakan Direktorat Penidakan dan Penyidikan, Kantor Pusat DJBC. Menyabet predikat sebagai Unit K-9 yang Mempunyai Kemampuan di Luar Teknis Pelacakan, 6 ekor Anjing Pelacak Narkotika (APN) Kanwil Bea Cukai Jateng DIY memiliki kemampuan bersalaman dan berenang.

Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kreativitas dan inovasi pawang anjing pelacak (dog handler). Terdapat 3 kategori perlombaan yaitu Unit K-9 dengan Fasilitas Terinovatif, Unit K-9 yang Mempunyai Kemampuan di Luar Teknis Pelacakan, dan Ide Terbaik Pengembangan Unit K-9. 

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Moch. Arif Setijo Noegroho menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terkait. “Penghargaan ini tentunya merupakan penghargaan yang luar biasa bagi kami. Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kerja keras yang telah dikerahkan oleh semua pihak, mulai dari Kasi Narkotika dan BL, para dog handler, serta pihak lain yang terkait”,  ujar Arif saat ditemui di kantornya pada Senin, 16 Agustus 2021.

Arif juga menyampaikan bahwa untuk bisa mencapai prestasi ini, unit K-9 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY rutin melakukan latihan fisik yang telah terprogram. Latihan ini dilakukan di mess unit K-9 dan daerah-daerah operasi seperti pelabuhan, bandara, dan kantor pos.

“Untuk kemampuan bersalaman yang memang telah dimiliki oleh para anjing pelacak terus kami latih agar APN terbiasa dan mudah mengerti bahasa dari dog handler. Selain itu, kemampuan berenang juga selalu dilatih dan menjadi bagian dari program pembinaan fisik Unit K-9”, ujar Arif.

Comment here