Reformasi Birokrasi

Persiapkan Penilaian Nasional, Kemenkeu Gelar Workshop ZI-WBK/WBBM

Guna menunjang kesiapan unit kerja dalam menghadapi penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK/WBBM) di level nasional, Kementerian Keuangan menggelar Workshop Persiapan Penilaian Nasional ZI-WBK/WBBM pada Kamis,19 Agustus 2021. Kegiatan ini digelar secara daring dan diikuti oleh seluruh PIC Unit Eselon I dan Perwakilan Satuan Kerja yang dicalonkan untuk mendapatkan penilaian di level nasional.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan, Dini Kusumawati kembali mengungkapkan arahan Menteri Keuangan tentang pembangunan ZI di Kementerian Keuangan. “Arahan Ibu (Sri Mulyani) sungguh luar biasa, meminta semua unit di Kementerian Keuangan berpredikat WBK/WBBM. Selain itu beliau juga berpesan agar seluruh program WBK/WBBM dapat diterapkan dalam segala dimensinya bukan hanya ritual formalitas.” Ujar Dini Kusumawati.

Tak hanya menegaskan kembali arahan Menteri Keuangan, Dini juga menyampaikan evaluasi terhadap capaian Kementerian Keuangan dalam Penilaian Nasional ZI-WBK/WBBM di Tahun 2020. Setidaknya Dini mengungkapkan lima hal yang dapat Ia petik dalam penilaian tahun lalu. Pertama Ia menjelaskan betapa pentingnya komitmen pimpinan beserta seluruh jajaran di unit kerja dalam menerapkan strategi pembangunan zona integritas yang lebih efektif. Kedua Ia menyinggung mengenai peran pimpinan unit kerja menjadi role model dan mampu memberikan dorongan kepada seluruh pegawai untuk dapat aktif dalam pembangunan ZI-WBK/WBBM. Selanjutnya Dini menyebutkan mengenai pentingnya korelasi inovasi dengan kinerja, kedeltaan unit WBBM dan membangun kedekatan dengan pengguna layanan dan pemangku kepentingan.

Dalam workshop ini juga dipaparkan mengenai Success Story ZI-WBK/WBBM 2018-2020 Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat.

Comment here