Lain-lain

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Dukung Pengembangan NLE di Tanjung Emas

Semarang – Dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi penerapan National Logistic Ecosystem (NLE) di pelabuhan Tanjung Emas, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi mengadakan rapat koordinasi yang diselenggarakan secara hybrid di Kantor Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada Kamis, 26 Agustus 2021. Rapat yang dipimpin Staf Ahli Bidang Manajemen dan Konektivitas Sahat Manaor Panggabean tersebut dihadiri stakeholder dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, BUMN, dan para pelaku usaha platform trucking, shipping, dan depo.

Dalam sambutannya, Sahat mengharapkan agar dilakukan pertemuan intens dengan semua pelaku usaha sehingga manfaat NLE tersosialisasikan. “Pemahaman terhadap NLE akan menarik para pelaku usaha untuk bisa bergabung” ujarnya.

Kepala Kanwil DJBC Jateng DIY Muhamad Purwantoro menyambut baik himbauan tersebut. “Kami di Bea Cukai mendukung potensi pengembangan NLE ini. Walaupun awalnya baru diterapkan di Tanjung Emas tetapi kami betul-betul berharap nanti seluruh kepala kantor Bea Cukai mulai mengenalkan NLE ini kepada para pelaku usaha sesuai dengan potensinya masing-masing” ujar Purwantoro.

Saat ini, implementasi NLE  di pelabuhan Tanjung Emas telah berjalan dengan baik. Implementasi tersebut meliputi Single Submission Quarantine-Customs (SSm QC) dan Join Inspection Karantina dan Bea Cukai, Surat Penyerahan Petikemas (SP2 Online) dan Autogate System, dan sudah bergabungnya beberapa platform trucking, shipping, dan depo.

Diharapkan NLE dapat lebih berkembang lagi, salah satunya ditandai dengan semakin banyaknya platform yang bergabung.

kontributor: Adi

Comment here