Lain-lain

Perkuat Pengawasan Internal, Bea Cukai Jateng DIY Gelar ToT Gerakan Sadar SPI

Guna memperkuat pengawasan internal, Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Program Gerakan Sadar Sistem Pengendalian Intern (GS-SPI) secara daring pada Kamis s.d. Jumat, 26 s.d. 27 Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Unit Kepatuhan Internal (UKI)  dari seluruh satuan kerja di bawah Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Yacobus Agus Wahyudiono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk penerapan SPI dalam mencapainya tujuan organisasi.  “Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi  pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, yaitu kegiatan yang efektif dan efisien,  keandalan pelaporan keuangan, keamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-  undangan,” ujar Yacobus.

Senada dengan Yacobus, Kepala Seksi KPT Pengawasan, Florentina Yunita Sri Buana yang juga menjadi pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa GS-SPI ini harus dapat dipahami dan dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh jajaran. “SPI merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus  menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan  atas tercapainya tujuan organisasi”, ujar Florentina.

Gerakan Sadar Sistem Pengendalian Internal (GS-SPI) adalah sebuah program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong peran aktif seluruh jajaran dalam penerapan SPI berdasarkan prinsip yang telah ditetapkan.

Dengan Pemahaman tersebut, diharapkan seluruh pegawai dapat mampu menerapkan pengendalian internal dalam rangka pencapaian tujuan  organisasi yaitu kegiatan yang efektif dan efisien, laporan keuangan yang andal, keamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Comment here