Pengawasan

Bea Cukai Jateng DIY Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal Lewat Radio

Semarang (8/9) – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tengah melaksanakan Operasi Gempur Rokok Ilegal dari Agustus hingga Oktober 2021. Upaya penegakan hukum juga disertai upaya pencegahan melalui sosialisasi dan himbauan kepada seluruh pihak agar turut memerangi rokok ilegal. Kampanye Gempur Rokok Ilegal pun terus digaungkan Bea Cukai di seluruh daerah.

Tak kertinggalan, Bea Cukai Jateng DIY meningkatkan intensitas edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media seperti program sosialisasi melalui media sosial, sosialisasi bersama Pemda kepada masyarakat secara offline dengan memanfaatkan DBHCHT, publikasi kinerja penindakan rokok illegal di berbagai media yang disertai pesan sosialisasi ketentuan atau ajakan untuk berusaha secara legal, maupun melalui media lain seperti Radio.

“Di Radio kami bekerja sama dengan Radio Sonora Semarang FM membuat dan menyiarkan Iklan Layanan Masyarakat tentang Gempur Rokok Ilegal. Iklan ini disiarkan dengan frekuensi siar tiga kali siar per hari, dengan pembagian satu kali pada pukul 07.00 s.d. 09.00, satu kali pada pukul 13.00 s.d. 14.00 dan satu kali pada pukul 16.00 s.d. 18.00 WIB”, ujar Nanang, Humas Bea Cukai Jateng DIY di kantornya, Jl Ahmad Yani 139 Semarang, Rabu 8 September 2021.

Iklan edukasi di Sonora Semarang FM dikemas dalam penggalan lagu “Cukai Untuk Kita” diselingi dengan materi edukasi tentang cukai. Materi tersebut kurang lebih seperti ini, Cukai itu manfaatnya besar untuk negara dan masyarakat. Manfaatnya kembali ke kita semua. Contoh penggunaannya adalah  untuk pembangunan jalan raya, sekolah gratis, subsidi BBM, subsidi BPJS dll, Makanya kalau merokok jangan yang illegal. Kok masih ada ya yang tega mencuri hak rakyat dengan berbisnis rokok illegal, jangan-jangan pengusaha rokok illegal itu juga menikmati manfaat pembangunan dan subsidi-subsidi dari negara.

Selain itu masyarakat juga diberikan informasi tentang ciri-ciri rokok illegal. Seperti ini bunyinya, ciri-ciri rokok illegal itu tidak berpita cukai, berpita cukai tapi bekas, palsu atau tidak sesuai dengan ketentuan. Ada juga himbauan untuk menjadi pahlawan bagi negara dan masyarakat dengan melaporkan ke Kantor Bea Cukai terdekat atau menghubungi Bravo Bea Cukai di 1500225 atau hubungu 02138303778. Jika ingin lebih tahu tentang Bea Cukai masyarakat bisa mengakses medsos IG, FB, Twitterdan Youtube di @BCJatengDIY. Bea Cukai Jateng DIY berkomitmen untuk menekan peredaran rokok illegal melalui upaya pencegahan dengan sosialisasi dan pembinaan, maupun upaya penegakan hukum. Ini telah dan akan terus dilakukan bekerja sama dengan seluruh pihak seperti Pemerintah Daerah, Aparat Penegakan Hukum dan masyarakat.

Comment here